Rencanakan Matang-matang, Inilah 10 Cara Memulai Bisnis bagi Pemula

- 4 Februari 2021, 18:08 WIB
Ilustrasi bisnis
Ilustrasi bisnis /PIXABAY/ Free-Photos

SERANG NEWS - Berdiskusi dengan pengusaha atau pemilik usaha akan memberikan jawaban bahwa memulai bisnis membutuhkan banyak pekerjaan.

Beberapa pengusaha pemula mungkin memahami apa saja yang diperlukan untuk membangun bisnis, tetapi mereka mungkin tidak terbiasa dengan langkah-langkah yang diperlukan untuk memulainya.

Tugas-tugas seperti memberi nama dan membuat logo, sudah jelas menjadi hal yang harus difikirkan, tapi bagaimana dengan langkah-langkah selanjutnya?

Baca Juga: Ujian Nasional 2021 Resmi Ditiadakan, Kemendikbud Beberkan Cara Penentuan Kelulusan

Daripada semakin bingung, berikut adalah 10 langkah untuk memulai bisnis kecil-kecilan:

1. Sempurnakan ide bisnis Anda
Jika Anda berpikir untuk memulai bisnis, kemungkinan besar Anda sudah memiliki ide tentang apa yang ingin Anda jual, atau setidaknya pasar yang ingin Anda masuki.

Lakukan penelitian secara cepat untuk usaha yang akan Anda bangun. Pelajari apa yang dilakukan oleh para kompetitor saat ini dan cari tahu bagaimana Anda dapat melakukannya dengan lebih baik.

Baca Juga: Ramalan Shio Jumat 5 Februari 2021, Hari Baik Shio Kambing

2. Tulis rencana bisnis Anda
Setelah Anda memiliki ide, Anda perlu bertanya pada diri sendiri: Apa tujuan bisnis Anda? Kepada siapa Anda menjual? Apa tujuan akhir Anda? Bagaimana Anda akan membiayai biaya awal Anda? Pertanyaan-pertanyaan ini dapat dijawab dalam rencana bisnis yang ditulis dengan baik.

Banyak kesalahan dibuat oleh bisnis baru yang terburu-buru tanpa memikirkan aspek-aspek bisnis ini. Anda perlu menemukan basis pelanggan target Anda. Siapa yang akan membeli produk atau layanan Anda? Jika Anda tidak dapat menemukan bukti bahwa ada permintaan untuk ide Anda, lalu apa gunanya?

Halaman:

Editor: Kiki

Sumber: Bussinesnewsdaily.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah