Rektor UHAMKA: Kebangkitan Pendidikan Harus Disertai dengan Optimalisasi Anggaran Pendidikan

- 28 Mei 2021, 18:20 WIB
Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka), Gunawan Suryoputro
Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka), Gunawan Suryoputro /Dok. Uhamka for SerangNews.com/

SERANG NEWS –  Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka), Gunawan Suryoputro mengatakan, kebangkitan pendidikan harus disertai optimalisasi anggaran pendidikan.

Menurut Gunawan, momentum hari kebangkitan nasional yang jatuh pada 20 Mei lalu sebagai ritual tapi tak sekadar simbolik.

Melainkan harus dimaknai dan dihayati dengan sungguh-sungguh dalam bentuk kerja-kerja yang tersistematis, terstruktur dan visioner.

“Kebangkitan nasional itu tidak hanya simbolik. Tetapi memang betul-betul kita maknai dan hayati dengan sungguh-sungguh dalam bentuk kerja-kerja yang tersistematis, terstruktur dan visioner,” ujar Gunawan, dalam keterangan tertulis, Jumat 28 Mei 2021.

Baca Juga: Potret Sejarah Pendidikan Banten Masa Lalu 3: Siswa Pribumi Bertumbuh, di Kota Serang Berdiri Sekolah Guru

Pernyataan Gunawan ini diungkapkan pada saat peringatan ulang tahun Tempo yang ke-50. Tepatnya dalam kegiatan ngobrol bareng Tempo dengan tajuk “Kebangkitan Nasional: Perjuangkan Pendidikan untuk Tunas Bangsa”.

Menurutnya, memaknai hari bersejarah di Indonesia itu sebagai bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan dan kesatuan yang menjadi landasan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Ini sangat penting bagi Indonesia, karena memiliki makna semangat nasionalisme dalam mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang di antaranya bidang Pendidikan,” tutur Gunawan.

Oleh karena itu, lanjut Gunawan, jika perguruan tinggi pada umumnya mengedepankan Tri Darma yaitu Pendidikan, pengajaran dan penelitian, serta pengabdian masyarakat, maka Uhamka mengedepankan Catur Darma.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x