Bansos PKH Perkuat Program Pencegahan Stunting di Banten

- 8 Agustus 2022, 13:04 WIB
Ketua Komisi V Yeremian Mendrofa (kiri) dan Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Banten Budi Darma Sumapradja (kanan) bicara penanganan stunting di Banten.
Ketua Komisi V Yeremian Mendrofa (kiri) dan Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Banten Budi Darma Sumapradja (kanan) bicara penanganan stunting di Banten. /SerangNews.com/

SERANG NEWS - Bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) bisa menjadi salah satu agenda pencegahan stunting di Banten

Terlebih penangangan stunting sangat membutuhkan kerja ekstra kuat lintas sektoral dari semua dinas.

Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Banten Budi Darma Sumapradja menyatakan peran kebijakan lintas sektoral harus menjadi prioritas utama dalam penanganan stunting.

"Apa yang dilakukan Dinsos tidak dapat berdiri sendiri, harus dilakukan secara holistik, integratif dan yang terpenting adalah berkelanjutan," ucap Budi, Senin 8 Juli 2022.

Baca Juga: Banten Kembali Raih Pelopor Provinsi Layak Anak (Provila), Al Muktabar: Anak-anak Generasi Bangsa

Dijelaskan bahwa penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial dapat berperan aktif dalam upaya-upaya menurunkan Prevalensi Stunting.

Antara lain memastikan para penerima manfaat untuk menjalankan kewajiban-kewajiban yang merupakan syarat diterimanya bantuan sosial.

"Misalnya pada program PKH (sekitar 300 ribu keluarga penerima manfaat), dalam pelaksanaan programnya para pendamping PKH memastikan bahwa syarat-syarat program yang terkait dengan stunting dilaksanakan oleh para KPM," ucapnya.

Kemudian imunisasi lengkap bagi balita, dan kewajiban mendapatkan tablet ferium minimal 4 kali dalam satu masa kehamilan bagi ibu hamil dan lainnya.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x