Indonesia Harus Belajar dari Perang Rusia vs Ukraina, Ini Kemungkinan Terburuk yang Bisa Terjadi

- 8 Maret 2022, 12:10 WIB
Warga sipil sedang dievakuasi akibat serangan Rusia ke Ukraina. Indonesia harus belajar agar tidak tertimpa masalah yang sama.
Warga sipil sedang dievakuasi akibat serangan Rusia ke Ukraina. Indonesia harus belajar agar tidak tertimpa masalah yang sama. /REUTERS/Carlos Barria/

SERANG NEWS – Perang Rusia vs Ukraina harus bisa menjadi pelajaran bagi Negara Indonesia.

Pasalnya, Indonesia memiliki kesamaan posisi dengan Rusia dan Ukraina. Hal itu dinilai bisa membuat Indonesia memiliki nasib yang sama.

Pandangan itu disampaikan pakar Pertahanan Militer Connie Rahakundini Bakrie dalam melihat penyebab dan dampak serangan Rusia ke Ukraina.

“Serangan Rusia ke Ukraina memberikan banyak pelajaran ke Indonesia,” kata Connie dikutip SerangNews.com dalam podcast Helmy Yahya, Selasa 8 Maret 2022.

Baca Juga: Invasi Rusia ke Ukraina Makin Gencar, Connie Rahakundini: Amerika Manas-manasin

Connie lantas memaparkan penyebab serangan Rusia ke Ukraina yang dinilainya karena provokasi Amerika Serikat dan NATO. Penjelasan selengkapnya BACA DI SINI.

Selain itu masalah Rusia dan Ukraina tidak bisa dilihat hanya karena faktor Presiden Vladimir Putin semata.

Sebab, Ukrainan juga memiliki masalah internal dengan wilayahnya yang luas dan memiliki perebdaan kultur yang mencolok.

“Ukraina ketika pecah (dari Uni Soviet) dan besar punya (wilayah) 633 km, terbesar kedua di Eropa setelah Rusia, jadi dia punya (masalah) internal,” paparnya.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x