Waspada Gelombang Laut Tinggi Capai 2,5 hingga 4 Meter di Jabar, Jateng dan Yogyakarta, Ini Kata BMKG

- 25 Januari 2022, 16:05 WIB
BMKG rilis daftar daerah yang berpotensi terjadi gelombang laut tinggi hingga 4 Meter.
BMKG rilis daftar daerah yang berpotensi terjadi gelombang laut tinggi hingga 4 Meter. /Pixabay/Wikilmages

SERANG NEWS - BMKG Tunggul Wulung Cilacap memprediksi tinggi gelombang laut di selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta berpotensi mencapai kisaran 2,5-4 meter atau masuk kategori tinggi.

Demikian disampaikan oleh Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Jawa Tengah, Selasa 25 Januari 2022.

"Peningkatan tinggi gelombang laut ini dipengaruhi oleh kecepatan angin yang bertiup di atas wilayah perairan Indonesia," kata Teguh Wardoyo.

Dalam hal ini, kata dia, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari utara-timur laut dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot. 

Baca Juga: Selat Sunda Berpotensi Gempa hingga Magnitudo 8,7 dan Tsunami 20 Meter, Ini Kata BMKG

Sementara di wilayah Indonesia bagian selatan, lanjut dia, dominan bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan berkisar 8-25 knot.

Menurut dia, kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Jawa dan perairan selatan Jawa hingga Pulau Sumba.

"Oleh karena itu, kami mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di laut selatan Jabar hingga DIY yang berlaku pada tanggal 25-26 Januari 2022 dan akan diperbarui jika ada perkembangan lebih lanjut," katanya.

Ia mengatakan wilayah yang berpotensi terjadi gelombang tinggi (2,5-4 meter) meliputi perairan selatan Sukabumi, perairan selatan Cianjur, perairan selatan Garut, perairan selatan Tasikmalaya. 

Halaman:

Editor: Kiki

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x