Gempa Magnitudo 7,2 Tewaskan 304 Orang di Haiti, Ribuan Lainnya Luka-luka

- 15 Agustus 2021, 06:42 WIB
Orang-orang berdiri di depan gedung-gedung yang runtuh setelah gempa bumi di Jeremie, Haiti
Orang-orang berdiri di depan gedung-gedung yang runtuh setelah gempa bumi di Jeremie, Haiti /TWITTER @JCOMHaiti/ via REUTERS

SERANG NEWS - Sedikitnya 304 orang tewas dan ribuan lainnya luka-luka setelah gempa bumi besar magnitudo 7,2 melanda Haiti pada Sabtu 14 Agustus 2021.

Pihak berwenang melaporkan banyak bangunan seperti gereja, hotel, sekolah dan rumah menjadi puing-puing usai gempa yang mengguncang negara tersebut.

Gempa berkekuatan 7,2, yang diikuti oleh serangkaian gempa susulan, berada di 8 km (5 mil) dari kota Petit Trou de Nippes, sekitar 150 km barat ibukota Port-au-Prince, pada kedalaman 10 km.

Baca Juga: Sadis, Tak Diijinkan Cuti TKW Indonesia di Taiwan Gorok Leher Majikan dengan Pisau Dapur

Hal itu membuat gempa yang dirasakan hingga Kuba dan Jamaika berpotensi lebih besar dan lebih dangkal dari gempa 11 tahun lalu yang menewaskan puluhan ribu orang di pulau itu.

Layanan Perlindungan Sipil Haiti mengatakan, jumlah korban tewas awal mencapai 304, dengan sedikitnya 1.800 terluka dan lebih banyak orang belum ditemukan.

Sedikitnya 949 rumah, tujuh gereja, dua hotel dan tiga sekolah hancur. Selain itu, 723 rumah, satu penjara, tiga pusat kesehatan dan tujuh sekolah juga rusak. Meski demikian, tidak ada kerusakan besar pada infrastruktur pelabuhan, bandara atau pusat telekomunikasi.

Baca Juga: Politik Malaysia Memanas, Massa Serba Hitam Penuhi Jalan di Kuala Lumpur Desak PM Mundur

Perdana Menteri Ariel Henry, yang terbang di atas wilayah itu untuk mengamati kerusakan, menyatakan keadaan darurat selama sebulan.

Kota besar terdekat adalah Les Cayes, di mana banyak bangunan runtuh atau mengalami kerusakan besar.

Halaman:

Editor: Masykur Ridlo

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah