Lindungi Pengembang, Google Tinggalkan APK, Gunakan Format Baru, Apa Itu?

- 2 Juli 2021, 08:00 WIB
Lindungi Pengembang, Google Tinggalkan APK, Gunakan Format Baru, Apa Itu?.
Lindungi Pengembang, Google Tinggalkan APK, Gunakan Format Baru, Apa Itu?. /Foto: REUTERS/Dado Ruvic/

 


SERANG NEWS - Untuk mengurangi pembajakan yang dilakukan pihak tidak bertanggung jawab, Google akan meninggalkan format Android Package (APK).

Google akan mengucapkan selamat tinggal pada format APK pada Agustus 2021 ini dalam upaya untuk mengurangi pembajakan.

Sebetulnya format APK adalah fitur yang bermanfaat bagi pengembang tetapi juga menyebabkan pembajakan aplikasi dan game selama bertahun-tahun.

Untuk memberikan manfaat kepada lebih banyak pengguna dan menguntungkan developer, Google akan mulai mewajibkan format baru bernama Android App Bundle (AAB).

Baca Juga: 5 Game Paling Populer di Google Play Store, Ada Island King, Higgs Domino hingga Free Fire

Kabar ini disampaikan langsung oleh Product Manager Google Play Dom Elliott, melalui sebuah postingan di blog resmi Android Developers, baru-baru ini.

"Google Play akan mulai mewajibkan aplikasi baru untuk dipublikasikan dengan Android App Bundle mulai Agustus 2021 . Ini akan menggantikan APK sebagai format publikasi standar," tulis Elliott.

Dengan peluncuran format baru, Google berusaha untuk mengurangi pembajakan dan bersiap meninggalkan format APK pada Agustus ini.

Tim Mountain View akhirnya akan mulai memaksa developer untuk mengadopsi standar Android App Bundle (AAB) yang diperkenalkan pada tahun 2018.

Halaman:

Editor: Kiki

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah