Gempa Magnitudo 5,0 dan 5,4 Guncang Selat Sunda, Tidak Berpotensi Tsunami

- 23 Mei 2021, 12:45 WIB
Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi /PIXABAY/Tumisu./

SERANG NEWS - Dua gempa tektonik magnitudo 5,0 dan 5,4 mengguncang Selat Sunda pada Minggu 23 Mei 2021 pukul 10.48 dan 10.50 WIB.

Episenter gempabumi pertama terletak pada koordinat 6,59 LS dan 105,45 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 17 kilometet arah Barat Laut Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 10 kilometer.

Sementara, episenter gempabumi kedua terletak pada koordinat 6,64 LS dan 105,43 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 16 kilometer arah Barat Laut Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 10 kilometer.

Baca Juga: Masyarakat Adat Baduy Kecewa Ritual Seba Tanpa Dihadiri Gubernur dan Wakilnya

Setelah dilakukan pemutakhiran, gempa dengan parameter awal Magnitudo 5,0 dan gempa kedua Magnitudo 5,4 menjadi Magnitudo 4,9 dan Magnitudo 5,2.

Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Mekanisme gempa pergerakan sesar naik ( thrust fault ).

Meski demikian, BMKG memastikan gempa tidak berpotensi tsunami. Guncangan gempa sendiri terasa hingga di Kalapanunggal, Sukabumi, Labuan, Munjul, Rangkasbitung, Banjarsari, Cileles, Cirinten, dan Bayah II-III MMI.

Baca Juga: KPK Dikabarkan Lakukan OTT di Pandeglang, Dua Orang Diamankan

Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Meski demkikian, hindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Halaman:

Editor: Kiki

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x