Sambung Jakarta-Moskow Lewat Patung Yuri Gagarin, Anies Baswedan: Persahabatan Rusia-Indonesia Sejak Soekarno

- 11 Maret 2021, 18:11 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbincang dengan Perwakilan Keduataan Besar Rusia.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbincang dengan Perwakilan Keduataan Besar Rusia. /Facebook Anies Baswedan/

SERANG NEWS – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dirikan patung Yuri Garin di Taman Mataram, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Pendirian patung Yuri Gagaran disebut Anies Baswedan sebagai bentuk menyambung persahabatan Jakarta Moskow. Menurutnya, hubungan itu sudah dibangun sejak masa Presiden Soekarno.

“Sejak awal berdirinya Republik Indonesia, para bapak bangsa kita telah menjalin hubungan erat dengan Rusia (Uni Soviet pada waktu itu). Persahabatan kita ditandai dengan pertukaran pelajar sejak tahun 1950-an,” tulis Anies Baswedan yang dikutip SerangNews.com dari akun Facebook Anies Baswedan.

Baca Juga: 16 Tahun Melukis di Baduy, Pelukis Perempuan Ini Pamerkan Karyanya Bertajuk ‘Gerimis di Tanah Titipan Kanekes’

Anies menyebut, buah dari persahabatan telah dirasakan sampai sekarang. Ketika Indonesia mulai menghadapi pandemi Covid-19 setahun yang lalu, salah satu rumah sakit yang pertama melayani pasien rujukan Covid-19 adalah RS Persahabatan.

Rumah sakit yang disebut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu memiliki nama lengkap RS Persahabatan Indonesia-Rusia, yang dibangun hasil kerja sama dengan Uni Soviet pada 1961-1963.

“Hari ini, dalam rangka memperingati hubungan bilateral Indonesia - Rusia ke-70 tahun, sekaligus persahabatan kota Jakarta - Moskow, Pemerintah Federasi Rusia mempersembahkan patung Yuri Gagarin,” ujar Anies.

Baca Juga: Ramai Desakan Anies Baswedan Jual Saham Bir Angker, HNW Sindir Ketua DPRD Jakarta Ikuti Langkah Jokowi

Yuri Gagarin adalah Kosmonot pertama yang berhasil ke luar angkasa pada tahun 1961 dengan menunggangi wahana penjelajah Vostok I.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Facebook


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x