Ketua MUI: Jadikan Ramadan sebagai Jihad Hawa Nafsu Melawan Berita Hoax

- 11 Maret 2021, 13:08 WIB
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, KH Miftachul Akhyar
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, KH Miftachul Akhyar /Twitter/@MUIPusat//

SERANG NEWS- Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, KH Miftachul Akhyar, mengajak Ramadan tahun ini sebagai bulan revolusi diri. Termasuk revolusi dalam menerima informasi maupun pertelevisian di tanah air.

Dikatakan Kiai Miftach, revolusi yang dimaksud seperti kejiwaan dan kerohanian. Dari revolusi itu diharapkan dapat memberikan solusi baru mencegah berita dan konten yang merusak tatanan kehidupan.

Baca Juga: Trailer Love Story The Series Kamis 11 Maret 2021, Bakal Jadi Saudara, Ken dan Rama Kompak Saling Menguatkan

"Menghayati Ramadan, tidak hanya dimaknai sebagai upaya menahan rasa lapar dan haus. Namun ada banyak perubahan pola hidup mendasar yang tidak mudah dilakukan. Membiasakan hal-hal yang berlawanan dengan nafsu selama satu bulan adalah bentuk jihad terbesar dalam hidup umat muslim dunia," katanya, yang dikutip dari akun Twitter MUI @MUIPusat, Kamis 11 Maret 2021 dalam halaqah program tayangan Ramadan 1442 H Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bersama MUI, yang digelar secara virtual pada Rabu 10 Maret 2021 malam.

Ditambahkan, jihad yang paling berat adalah jihad melawan hawa nafsu, yakni dengan melaksanakan puasa di bulan Ramadhan. “Kalau kita bisa membiasakan hal yg tidak biasa menurut nafsu, memulai untuk menguasai nafsu, inilah jihad akbar,” tambahnya.

Baca Juga: Sinopsis Love Story The Series Kamis 11 Maret 2021, Demi Maudy, Ken berjuang Satukan Wilantara dan Argadana

Sebagai manusia yang diberikan kemuliaan lebih banyak dan kesempurnaan dibandingkan dengan makhluk lainnya.

Kyai Miftah mengingatkan agar umat muslim mampu menahan diri untuk tidak memenuhi ajakan hawa nafsu yang seringkali menggoda manusia setiap saat. Termasuk dalam penyebaran berita hoax yang saat ini marak sekali beredar.

Baca Juga: Geger Pengakuan Peserta KLB Demokrat kena Prank Diiming-imingi Uang Ratusan Juta jika Pilih Moeldoko

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x