KPU Dorong Generasi Muda Berperan Aktif Menjadi Pemilih Rasional di Pilkada

- 24 November 2020, 20:58 WIB
Ilustrasi Kotak Pemungutan Suara
Ilustrasi Kotak Pemungutan Suara /Thor_Deichmann/

SERANG NEWS - Anak - anak muda sebagai agent of change didorong agar mampu berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pilkada.

Hal itu dikatakan Komisi Pemilihan Umum Republik Indomesia (KPU RI), Ilham Saputra saat Peluncuran dan Diskusi Hasil Jajak Pendapat: Harapan dan Persepsi Anak Muda terhadap Pilkada 2020 yang berlangsung secara daring.

"Lihat juga track record paslon apakah mereka pernah korupsi, pernah KDRT (kekerasan dalam rumah tangga), atau tindak pidana lainnya?" Katanya dikutip Serangnews.com dari Antara Selasa 24 November 2020.

Baca Juga: Link Live Streaming Manchester United vs Istanbul Basaksehir Liga Champions Malam Ini

Selain itu, Ilham mengharapkan kalangan anak - anak muda mampu berperan aktif dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada), terutama menjadi golongan pemilih rasional.

"Jadi, mereka memilih (pasangan calon) bukan karena saudara, bukan karena artis, atau bukan karena orang-orang yang membayar dia," imbuhnya.

Pemilih - pemilih rasional semacam itu, kata dia, diharapkan lahir dari kalangan muda sehingga mereka bukan sekadar menggunakan hak pilihnya karena sudah berusia 17 tahun.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung SCTV Liga Champions Rennes vs Chelsea & Dynamo Kiev vs Barcelona

Menurut dia, KPU selama ini memang memberikan kesempatan bagi kalangan anak muda untuk berpartisipasi aktif dalam pemilu dan pilkada dengan menjadikan mereka sebagai panitia penyelenggara.

Halaman:

Editor: Adi R

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x