ASEAN akan Memelihara Sentralitas Agar Tidak Terseret dalam Konflik dan Pengaruh Negara Lain

- 24 November 2020, 20:21 WIB
Ilustrasi bola dunia
Ilustrasi bola dunia /Pixabay/Qimono/

SERANG NEWS - ASEAN disebut memiliki beberapa keunggulan sebetulnya agar dapat dimanfaatkan dalam hubungan kerjasama dengan negara - negara besar di dunia.

Hal itu termasuk Amerika Serikat (AS) dan China. Salah satunya melalui ASEAN-led mechanism (Mekanisme yang dipimpin ASEAN)

Dikutip Serangnews.com dari Antara Selasa 24 November 2020 Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam, Nguyen Quoc Dzung mengatakan berbagai tantangan dan perbedaan tentu akan selalu muncul dalam setiap hubungan antara negara anggota ASEAN dengan negara mitra.

Baca Juga: Laga Tandang Barca Kontra Kiev Dipastikan Tanpa Messi, ini Alasan Pelatih

Namun ASEAN, kata dia, akan terus memelihara sentralitasnya sehingga tidak perlu terseret dalam konflik maupun perebutan kekuasaan dan pengaruh antarnegara mana pun.

Vietnam memegang keketuaan ASEAN pada 2020 dan telah menyerahkan posisi tersebut kepada Brunei Darussalam yang selanjutnya akan memegang keketuaan ASEAN pada 2021.

Sebelumnya diberitakan Serangnews.com Perhimpunan Bangsa - Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) menyebut tidak terseret dalam konflik serta perebutan kekuasaan Amerika Serikat (AS) dan China.

Baca Juga: Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam Sebut ASEAN Tidak Terseret Konflik AS dan China

Hal itu disebutkan Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam, Nguyen Quoc Dzung. Ia menekankan ASEAN tidak terseret dalam konflik dan perebutan kekuasaan antara Amerika Serikat dan China.

Halaman:

Editor: Adi R

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah