Pemerintah Umumkan Seleksi Satu Juta Guru PPPK, Nadiem Makarim: Angin Segar Bagi Guru Honorer

- 24 November 2020, 11:30 WIB
Nadiem Makarim umumkan seleksi Guru PPPK 2021 untuk guru honorer.
Nadiem Makarim umumkan seleksi Guru PPPK 2021 untuk guru honorer. /Tangkapan layar Youtube Kemdikbud RI./Tangkapan Layar Youtube Kemdikbud RI

SERANG NEWS - Angin segar bagi guru-guru honorer di seluruh Indonesia. Pemerintah secara resmi mengumumkan akan merekrut guru honorer dapat mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Pengumuman tersebut disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim. Seleksi akan dilakukan mulai pada 2021.

Nadiem mengatakan, seleksi PPPK dilakukan diperuntukkan bagi guru honorer. Dirinya memperkirakan akan membuka peluang hingga satu juta guru.

Baca Juga: Asyik, Pemerintah Buka Kesempatan Honorer Jadi PPPK, Simak Penjelasannya 

“Seleksi ini dibuka, karena berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud memperkirakan bahwa kebutuhan guru di sekolah negeri mencapai satu juta guru, di luar guru PNS yang saat ini mengajar,” ujar Nadiem dalam pengumuman seleksi guru PPPK 2021.

Pembukaan seleksi untuk menjadi guru PPPK adalah upaya menyediakan kesempatan yang adil untuk guru honorer yang kompeten agar dapat mendapatkan penghasilan yang layak.

Nadiem megaku sudah berkeliling ke sejumlah daerah di Tanah Air. Ia menemui banyak guru honorer yang berinovasi pada pembelajaran.

Baca Juga: Warga DKI Jakarta Tolak Rapid dan Swab, Siap-siap Didenda hingga Rp5 Juta

Akan tetapi, para guru honorer tersebut mendapatkan penghasilan yang jauh dari kata layak yakni Rp100.000 hingga Rp300.000 per bulan.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x