Alasan Banten Masukan Tanah Baduy dan Surosowan serta Air Tirtayasa di Prosesi Kendi IKN Nusantara

- 14 Maret 2022, 13:39 WIB
Presiden Jokowi memimpin ritual Kendi Nusantara di Titik Nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa 14 Maret 2022.
Presiden Jokowi memimpin ritual Kendi Nusantara di Titik Nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa 14 Maret 2022. /Foto: Tangkap layar YouTube Sekretariat Negara/

SERANG NEWS – Provinsi Banten memilih tanah wiwitan Baduy dan Surosowan serta air Tirtayasa yang dimasukan dalam prosesi kendi Nusantara di Ibukota Negara Baru (IKN).

Prosesi kendi Nusantara dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di titik nol IKN Nusantara, Kalimantan Timur, pada Senin 14 Maret 2022.

Seluruh kepala daerah dari 34 provinsi se-Indonesia dikumpulkan dengan membawa tanah dan air dari daerahnya masing-masing untuk dimasukan ke dalam kendi Nusantara.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi orang pertama yang menyerahkan tanah dan air kepada orang nomor satu di Republik Indonesia.

Baca Juga: Momen Wagub Banten Serahkan Tanah Wiwitan Baduy dan Surosowan kepada Presiden Jokowi di IKN

Selanjutnya diikuti sejumlah gubenur lainnya, termasuk Banten yang dan ditutup Gubenur Kalimantan Timur sebagai tuan rumah.

Menurut Jokowi, proses penyatuan tanah dan air sebagai bentuk kebhinekaan dan persatuan dalam membangun IKN Nusantara.

"Ini merupakan bentuk dari kebhinekaan kita dan persatuan yang kuat di antara kita dalam rangka membangun ibukota Nusantara ini,” ucap Jokowi saat pembukaan acara.

Baca Juga: Wagub Banten Bawa Tanah dari Wiwitan Baduy dan Surosowan serta Air Tirtayasa untuk Ditanam di IKN

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x