Ilmuan Ungkap Alasan Buaya Bertahan dari Ledakan Asteroid yang Musnahkan Dinosaurus di Bumi

- 12 Maret 2022, 12:05 WIB
Alasan Buaya bertahan dari ledakan asteroid yang musnahkan Dinosaurus di Bumi.
Alasan Buaya bertahan dari ledakan asteroid yang musnahkan Dinosaurus di Bumi. /Pixabay/TeeFarm/

SERANG NEWS – Buaya menjadi salah satu hewan yang bertahan dari kepunahan saat terjadi ledakan asteroid yang memusnahkan dinosaurus di bumi.

Ada beberapa alasan yang membuat buaya bertahan di bumi ketika spesies dinosaurus musnah akibat ledakan dasyat asteroid.

Catatan ilmuan menyebut, sekitar 66 juta tahun yang lalu, dinosaurus menguasai bumi. Namun, ledakan asteroid besar dengan lebar lebih dari 9 kilometer, menabrak laut dangkal yang sekarang disebut Meksiko.

Catatan Scitechdaily menyebut, ledakan besar dari asteroid itu menyebabkan gempa bumi global, gelombang pasang, kebakaran hutan, dan bahkan hujan beracun.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Lidah Buaya Supaya Subur dan Tidak Mudah Busuk

Akibatnya, membuat bebatuan meledak hingga debu terbang ke langit dan menutupi sinar Matahari selama berbulan-bulan hingga akhirnya bumi mengalami musim dingin yang panjang, gelap, dan beku.

Dampaknya, tanaman hijau mati, diikuti oleh hewan pemakan tumbuhan yang memakannya untuk bertahan hidup. Termasuk hewan pemakan daging.

“Para ilmuwan berpikir tiga perempat dari semua jenis (spesies) hewan yang berbeda di Bumi telah musnah, termasuk sebagian besar dinosaurus,” tulisnya dikutip SerangNews.com dalam Scitechdaily, pada Sabtu 13 Maret 2022.

Baca Juga: Seekor Buaya Muara Ditemukan Mati di Muara Cilemer Tegal Papak Pandeglang

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Sci Tech Daily


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x