Jarang Diketahui, Ini Sosok Laksamana Mpu Nala, Panglima Majapahit yang Setara Hebatnya dengan Gajah Mada

- 15 Januari 2022, 20:50 WIB
Ilustrasi Mahapatih Gajah Mada, sosok penting di balik kejayaan Kerajaan Majapahit di Nusantara.
Ilustrasi Mahapatih Gajah Mada, sosok penting di balik kejayaan Kerajaan Majapahit di Nusantara. /Tangkap layar YouTube Top Info/

SERANG NEWS – Kisah kemegahan Kerajaan Majapahit terekam dalam catatan sejarah Nusantara.

Selain Raden Wijaya sebagai pendiri Kerajaan Majapahit pada 15 bulan Kartika tahun Saka 1215 atau sekira 12 November 1293, nama Gajah Mada menjadi sosok yang paling sering disebut.

Gajah Mada menjadi sosok penting di era Ratu Tribhuwana Tunggal Dewi hingga Hayam Wuruk.

Hingga saat ini, nyaris tidak ada yang tidak mengenal Gajah Mada. Seorang Mahapatih yang dimiliki Majapahit, yang dikenal sangat lihai dalam berperang.

Gajah Mada pun ahli dalam strategi dan membuat karirnya terus menanjak dan menjadi Amengku Bumi atau Perdana Menteri Majapahit.

Baca Juga: Hebat, Ini Alasan, Kerajaan Sunda jadi Wilayah yang Tidak Pernah Ditaklukan Majapahit

Ia berhasil menghantarkan Majapahit menuju puncak kejayaan. Gajah Mada memiliki satu sumpah yang sangat terkenal dan melegenda, yang disebut Sumpah Palapa.

Sumpah ini adalah bukti kesetiaan sang Mahapatih kepada Majapahit. Sumpah yang sekaligus menjadi tekadnya menyatukan Nusantara.

Dalam catatan sejarah, Raden Wijaya mulai menetap di Majapahit pada 1 Maret 1293 setelah pemberontakan Jayakatwang terhadap Kerajaan Singasari yang dipimpin Kertanegara.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Buku


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x