Tanggal 10 Desember Hari Apa? Ini Sejarah Lahirnya Hari Hak Asasi Manusia (HAM)

- 9 Desember 2021, 21:55 WIB
Ilustrasi. Beragam pilihan quotes ucapan Hari Hak Asasi Manusia yang diperingati pada 10 Desember 2021, Anda bisa menggunakan salah satunya.
Ilustrasi. Beragam pilihan quotes ucapan Hari Hak Asasi Manusia yang diperingati pada 10 Desember 2021, Anda bisa menggunakan salah satunya. /Freepik

SERANG NEWS - Tanggal 10 Desember diperingati sebagai Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia.

Hari tersebut muncul bukan tanpa sebab. Pada tanggal 10 Desember 1950, PBB menerbitkan 423 resolusi tentang hak asasi yang harus dipenuhi.

Hak Asasi Manusia dipahami sudah melekat sejak manusia dilahirkan.

Baca Juga: Simak Ini 3 Puisi Tentang Cinta Karya Kahlil Gibran, Penuh Makna dan Menyayat Hati

Sebelum 10 Desember diperingati sebagai Hari Hak Asasi Manusia Sedunia. Ada beberapa peristiwa yang melatar belakangnya, seperti peristiwa Perang Dunia 1 dan 2.

Akan tetapi Perang Dunia ke 2 sangat meninggalkan tragedi yang sangat kelam.

Terjadinya Holocaust atau pemusnahan etnis Yahudi oleh Nazi Jerman yang dipimpin Adolf Hitler melatar belakangi dibentuknya Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM).

Baca Juga: 28 November Diperingati Hari Dongeng Nasional, Begini Sejarahnya, Ada Peran Anies Baswedan

Sebagaimana dikutip Sedang News dari website ham.go.id, bahwa Majelis Umum PBB pada tanggal 10 Desember 1950 menerbitkan resolusi sebanyak 423.

Isi resolusi tersebut berupa imbauan terhadap semua negara anggota dan organisasi PBB untuk memperingati hari Hak Asasi Manusia setiap tanggal 10 Desember.

Halaman:

Editor: Masykur Ridlo

Sumber: ham.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x