Kapan Lailatul Qadar Datang? Quraish Shihab dan Gus Baha Jelakan Persiapan Sambut Malam Turunnya Al Quran

- 3 Mei 2021, 02:30 WIB
Foto Ilustrasi Malam Lailatul Qadar.
Foto Ilustrasi Malam Lailatul Qadar. /Pixabay/Erni Abdullah/

SERANG NEWS – Malam Lailatul Qadar menjadi malam istimewa dan sebagai hikmah Ramadhan.

Banyak pendapat menyebut, Lailatul Qadar datang pada sepuluh hari terakhir Ramadhan, khusunya di malam ganjil. Hanya saja, orang yang ingin mendapatkan malam Lailatul Qadar perlu mempersiapkan dirinya.

Muhammad Quraish Shihab dan Gus Baha dalam Inspirasi Ramadhan yang ditayangkan pada akun YouTube Najwa Shihab, yang diunggah Minggu 2 Mei 2021 menjelaskan persiapan malam Lailatul Qadar.

Quraish Shihab menjelaskan dengan mengumpakan malam Lailatul Qadar layaknya kedatangan tamu agung yang harus disambut dengan penuh persiapan.

Baca Juga: Doa dan Dzikir Malam Lailatul Qadar: 10 Kalimat Tasbih agar Doa Terkabul saat Itikaf

“Lailatul Qadar itu tamu agung, dia tidak akan berkunjung ke rumah atau seseorang kalau dia tidak yakin orang ini siap menyambutnya. Tamu agung di airport banyak yang menyambut, tapi tidak semua orang dia sapa, tidak orang dia lihat, apalagi dia kunjungi rumahnya,” katanya.

Jadi orang yang dikunjungi Lailatul Qadar, lanjutnya, orang yang siap untuk dikunjungi.

“Persiaan selama ini terkadang terlambat. Kita baru (persiapan-red) malam Lailatul Qadar, pas malam 27 Ramadhan. Padahal semestinya sebelumnya,” sambung penulis Tafsir Al-Misbah itu.

Quraih Shibab Kembali memberikan ungkan, jika bulan Rajab itu menanam, bulan Sya’ban itu menyiram, dan bulan Ramadhan itu panen.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x