HIKMAH RAMADHAN 1: Keutamaan Puasa: Benteng dari Api Neraka dan Dilipatkannya Pahala

- 13 April 2021, 17:36 WIB
Ilustrasi Hikmah Ramadhan.
Ilustrasi Hikmah Ramadhan. /Pixabay/chiplanay//

SERANG NEWS – Hikmah Ramadhan edisi pertama ini mengambil tema ‘Keutamaan Puasa’ yang diambil dari Kitab Tanqihul  Qaul karya Syekh Nawawi Al Bantani.

Artikel tentang tema-tema kegamaan ini bertajuk Hikmah Ramadhan, InsyaAllah akan terbit secara rutin setiap hari pada saat jelang buka atau selepas subuh untuk membersamai puasa Ramadhan 1442 H.

Berikut artikel Hikmah Ramahan 1 dengan tema Keutamaan Puasa:

Allah SWT berfirman dalam hadist Qudsi “Setiap satu kebaikan itu pahalanya berlipat sepuluh kebaikan sampai tuhuh ratus kali lipat, kecuali puasa. Karena itu, sesungguhnya puasa untuk-Ku dan Aku akan membalas dengannya.” Demikian disebutkan dalam Ihya.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Allah SWT berfirman, ‘puasa itu untuk-Ku dan Aku akan membalas dengannya,” (H.R Daraqythhni dari Abu Umamah dengan Sanad Hasan).

Maksudnya, Allah SWT berfirman dalam hadits qudsi. Perbedaan antara hadist qudsi dengan Al Quran adalah bawah Al Quran diuturunkan sebagai mukjizat meskipun surat pendek, sedangkan hadist qudsi bukan mukjizat.

Baca Juga: Hari Pertama Ramadhan 1442 H, Ini Jadwal Buka Puasa di Kota Serang Selasa 13 April 2021, Disertai Doa Berbuka

Baca Juga: Teduh dan Penuh Hikmah, Ini Kata-kata Mutiara dan Pesan Indah Syekh Ali Jaber

Membaca Al Quran maupun hadist merupakan ibadah. Yang dimaksud balasan adalah memberikan balasan yang banyak tanpa dibatasi bilangan yang disukai Allah SWT.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x