Bacaan Niat dan Keutamaan Puasa Ramadhan 1442 H yang Dimulai Selasa 13 April 2021

- 12 April 2021, 13:08 WIB
Ilustrasi: Bacaan niat dan keutamaan Puasa Ramadhan 1442 H yang dimulai Selasa 13 April 2021.
Ilustrasi: Bacaan niat dan keutamaan Puasa Ramadhan 1442 H yang dimulai Selasa 13 April 2021. /Pixabay/SyaibatulHamdi /

SERANG NEWS – Bulan Ramadhan menjadi rajanya bulan dari 12 bulan yang ada dan menjadi bulan yang penuh keutamaan bagi umat Islam.

Bulan Ramadhan ditandai dengan perintah berpuasa bagi seorang Muslim selama satu bulan penuh, yang dimulai pada 1 Ramadhan 1442 H atau bertepan dengan Selasa 13 April 2021.

Berdasarkan hasil rukyat di berbagai belahan dunia, hilal Ramadhan belum tampak pada sore tanggal 29 Sya'ban 1442/11 April 2021. Sehingga Sya'ban digenapkan menjadi 30 hari, dan 1 Ramadhan 1442 jatuh pada tanggal 13 April 2021.

Baca Juga: Tata Cara dan Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Sholat Witir Dilengkapi Lafal Latin

Baca Juga: Bacaan Doa dan Dzikir Setelah Sholat Fardhu 5 Waktu Lengkap dengan Artinya

Lantaran bulan Ramadhan adalah bulan yang agung, bulan yang penuh dengan kemuliaan dan keberkahan, maka kita perlu menyambutnya penuh suka cita.

Rasulullah SAW, bersabda saat Ramadhan menjelang:

ﻗَﺪْ ﺟَﺎﺀَﻛُﻢْ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥُ، ﺷَﻬْﺮٌ ﻣُﺒَﺎﺭَﻙٌ، ﺍﻓْﺘَﺮَﺽَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺻِﻴَﺎﻣَﻪُ، ﺗُﻔْﺘَﺢُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ، ﻭَﺗُﻐْﻠَﻖُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﺤِﻴﻢِ، ﻭَﺗُﻐَﻞُّ ﻓِﻴﻪِ ﺍﻟﺸَّﻴَﺎﻃِﻴﻦُ، ﻓِﻴﻪِ ﻟَﻴْﻠَﺔٌ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺃَﻟْﻒِ ﺷَﻬْﺮٍ، ﻣَﻦْ ﺣُﺮِﻡَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻓَﻘَﺪْ ﺣُﺮِﻡَ

“Sungguh telah datang bulan Ramadhan yang penuh keberkahan. Allah mewajibkan kalian berpuasa di dalamnya. Di dalamnya pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu. Pada bulan itu terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan (Lailatul Qadar). Siapa saja yang terhalangi (untuk mendapatkan) kebaikan malam itu maka sungguh dia telah dihalangi (dari keutamaan yang agung) (HR Ahmad dan an-Nasa’i).

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x