Dua Resep Sederhana dan Cara Memasak Olahan Berbahan Singkong, Cocok Jadi Menu Buka Puasa Ramadhan

- 1 April 2022, 18:27 WIB
Berikut ini merupakan resep talam singkong lumer, camilan yang cocok dijadikan ide usaha kuliner.
Berikut ini merupakan resep talam singkong lumer, camilan yang cocok dijadikan ide usaha kuliner. /Tangkapan Layar YouTube Atha Naufal

SERANG NEWS – Berbagai jenis masakan biasanya tersaji saat menjelang berbuka puasa Ramadhan. Termasuk yang berbahan singkong.

Singkong atau ubi kayu bisa diolah menjadi berbagai makanan yang enak dan cocok disajikan saat berbuka puasa Ramadhan.

Salah satu sajian yang akan dibahas pada artikel ini yaitu Singkong Lumer yang wajib dicoba untuk olahan berbuka puasa Ramadhan.

Baca Juga: Tempat Nongkrong di Sekitar Kampus Untirta, Kedai dan Resto Milenial, Sajikan Makanan Mulai dari Rp 20 Ribu

Sebelumnya, perlu diketahui, singkong atau dalam bahasa ilmiahnya adalah Manihot Esculenta merupakan pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae.

Masyarakat kita menggunakan umbi singkong sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat, serta daunya kerap kali dipakai sebagai olahan sayuran.

Tanaman singkong diperkenalkan oleh orang Portugis sekitar tahun 1810. Singkong menjadi pangan alternatif selain beras dan jagung, ketika Indonesia mengalami krisis pangan pada tahun 1914-1918.

Baca Juga: Resep Saos Tomat Homade ala Nasehat Kesehatan, Bisa Dibuat Sendiri dan Mudah Cara Buatnya

Jelang bulan suci Ramadhan, kerap kali kita menjumpai olahan-olahan berbahan singkong yang dijajakan oleh pedagang kaki lima, ketika menjelang waktu berbuka puasa tiba. Salah satunya yaitu: kolak biji salak, atau kolak singkong.

Dikutip dari YouTube Mama Ci Memasak dan Erin Gembira, berikut 2 resep sederhana dari olahan singkong, untuk menu berbuka puasa:

Halaman:

Editor: Masykur Ridlo

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x