Hari Bersejarah 8 Maret: Tahun 1913 Hari Perempuan Internasional Pertama Diperingati

- 8 Maret 2021, 12:17 WIB
International Women,s Day
International Women,s Day /Tangkap layar/Instagram @itviofficial

SERANG NEWS - International Women's Day atau Hari Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 8 Maret di seluruh dunia.

Hari Perempuan Internasional bisa didefinisikan sebagai peringatan atas prestasi para perempuan di seluruh dunia.

Peringatan Hari Perempuan Internasional biasanya ditandai di seluruh dunia dengan pertunjukan kesenian, diskusi, demonstrasi, konferensi pawai, dan lainnya.

Baca Juga: Trailer Ikatan Cinta Senin 8 Maret 2021, Manja, Andin Candain Al: Kalau Aku Ditemuin Hilang Ingatan Gimana Mas

Dikutip dari situs resmi International Women’s Day, gagasan tentang Hari Perempuan muncul dari kaum feminis dan sosialis di negara barat, utamanya dari negara-negara Eropa Barat dan Rusia.

Sebelumnya, terdapat peringatan hari Perempuan Nasional yang pertama muncul di Amerika Serikat pada 28 Februari yang dideklarasikan oleh Partai Sosialis Amerika.

Penggagas Hari Perempuan pertama itu adalah seorang aktivis wanita bernama Theresa Malkiel.

Baca Juga: Derby Manchester Telan Korban, Solskjaer: Rashford Cedera untuk Selamatkan Man United Tidak Kebobolan

Pada tahun 1908. 15.000 wanita turun ke jalan melewati New York City menuntut hak suara, upah lebih baik, dan jam kerja yang lebih pendek.

Saat itu bersamaan dengan ulang tahun ke-50 dari protes penindasan yang dilakukan oleh pekerja garmen dan tekstil wanita Kota New York.

Halaman:

Editor: Kiki

Sumber: IWD


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x