6 Tips Mudah Merawat Motor saat Musim Hujan, Sering-sering Dibersihkan!

- 1 Februari 2021, 21:44 WIB
Berkendara saat musim hujan
Berkendara saat musim hujan /Ahmad Hipni/ SerangNews/

SERANG NEWS - Musim hujan membawa kegembiraan bagi para pengendara sepeda motor karena ini adalah musim yang tepat untuk bersepeda.

Namun, sepeda Anda membutuhkan perawatan ekstra selama waktu-waktu ini. Selama musim ini, jalan licin dan perlu perhatian ekstra terhadap kelancaran fungsi sepeda motor tersebut.

Selain harus memiliki pengetahuan tentang teknik berkendara yang benar, Anda juga harus tahu apa yang harus dilakukan sebelum memulai perjalanan di saat musim penghujan.

Baca Juga: Soraya Abdullah Sebelum Meninggal, Sempat Kehilangan Pegangan Hidup, Lalu Hijrah dan Berhijab

1. Cek Secara Teratur
Merawat kendaraan bermotor secara teratur adalah hal yang untuk menjaga ‘kesehatan’ sepeda motor Anda. Jika Anda memperbaiki di waktu yang tepat, maka Anda ridak akan menghabiskan banya waktu sebelum kerusakannya semakin parah.

2. Tutupi sepeda motor atau parkir di garasi
Saat Anda tidak sedang mengendarai sepeda motor, air akan mengendap di berbagai bagian. Hal ini dapat menyebabkan masalah jangka panjang seperti karat dan kegagalan listrik.

Jadi, lebih baik sepeda selalu tertutup setiap saat atau parkirlah di dalam garasi agar tidak terkena air hujan. Namun ingatlah untuk tidak memarkir sepeda Anda di bawah pohon selama musim hujan, karena cabang dapat jatuh menimpa sepeda dan mungkin merusaknya.

Baca Juga: Lima Merchant ShopeePay Terbaru Minggu ini Siap Dukung Hobi Kamu

3. Gunakan lapisan pelindung anti karat
Saat ini, sebagian besar motor hadir dengan bodywork fiber, namun motor klasik seperti Royal Enfields dan beberapa skutiknya masih menggunakan bodi metal.

Jadi, lebih baik menggunakan lapisan Teflon pada panel karena akan mencegahnya berkarat. Selain itu, setiap sepeda dilengkapi dengan rangka utama berbahan logam yang juga dapat dilindungi dengan menggunakan lapisan pelindung anti karat untuk mempertahankan kekuatannya dalam jangka waktu yang lebih lama.

Halaman:

Editor: Kiki

Sumber: Bike Dekho


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x