Menristek Masukan Katalis Merah Putih sebagai Produk Super Prioritas Riset Nasional 2021

- 28 Januari 2021, 18:14 WIB
Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany (kiri) bersama Menristek Bambang Brodjonegoro usai menandatangani nota perjanjian di Puspiptek Serpong, Kamis 28 Januari 2021.
Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany (kiri) bersama Menristek Bambang Brodjonegoro usai menandatangani nota perjanjian di Puspiptek Serpong, Kamis 28 Januari 2021. /Ade Maulana/SERANG NEWS/

SERANG NEWS – Sebanyak 49 produk menjadi target Prioritas Riset Nasional (PRN) Kementerian Riset dan Teknologi 2021. Dari prioritas itu, ada tiga produk yang masuk kategori super prioritas.

Salah satu di antaranya adalah produk Katalis Merah Putih.

Katalis Merah Putih ini disebut Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro bisa mengubah minyak inti sawit menjadi bahan bakar nabati. Targetnya, bahan bakar nabati ini akan menggantikan bahan bakar bakar fosil.

Baca Juga: Menristek: Kandidat Bibit Vaksin Covid-19 Merah Putih Siapkan Diujikan pada Hewan

"Tidak hanya lebih bersih, tapi juga dengan kualitas yang lebih tinggi," kata Bambang dalam Rapat Koordinasi Nasional Riset dan Inovasi 2021 di Puspiptek Serpong, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan, Kamis, 28 Januari 2021. Bambang mengatakan, perkembangan Katalis Merah Putih sudah sampai tahap purwarupa dan menjalani pengujian di kilang minyak mini Pertamina.

Kemenristek juga sedang mengembangkan pabrik Katalis, agar proses pengilangan lebih besar. Sekaligus, mendekatkan pabrik pengolahan minyak inti sawit dengan perkebunan.

Diharapkan, hadirnya Katalis Merah Putih, petani sawit berskala besar maupun sedang dan kecil bisa berpartisipasi. Bahan bakar nabati yang dihasilkan nantinya, khususnya solar, akan dikembangkan menjadi subtitusi dari bensin dan avtur.

Baca Juga: RSU Tangsel Jadi Lokasi Vaksin Corona Tahap Kedua, Airin: Doanya, Ini Ikhtiar Kita Bersama

Baca Juga: Operasional Mobile Lab BSL untuk Tes Swab PCR di Tangsel Tinggal Menunggu Izin Kemenkes

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x