Sederet Tokoh Besar Indonesia Sampaikan Belasungkawa atas Kepergian Buya Syafii Maarif

- 27 Mei 2022, 16:11 WIB
Buya Syafii Maarif Tokoh Cendekiawan Muslim Telah Meninggal Dunia.
Buya Syafii Maarif Tokoh Cendekiawan Muslim Telah Meninggal Dunia. /Muhammadiyah.or.id

SERANG NEWS - Umat muslim di Indonesia kembali diselimuti duka karena harus kehilangan sosok ulama besar yang banyak menorehkan nuansa kerohanian di Indonesia.

Seorang cendekiawan muslim yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum PP (Pengurus pusat) Muhammadiyah 1998-2005, Prof Dr H. Ahmad Syafii Maarif atau akrab dikenal dengan Buya Syafii Maarif meninggal dunia di usia 86 tahun pada Jumat 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Direktur RS PKU Muhammadiyah Gamping dr. Ahmad Faesol mengatakan bahwa Buya Syafii sempat mengeluhkan sesak napas.

Baca Juga: Hilang saat Berenang di Sungai Aeree Swiss, Ini Profil Emmeril Kahn Mumtadz Putra Sulung Ridwan Kamil

Sebelumnya pada 14 Maret 2022, Buya Syafii juga sempat dikabarkan dirawat di rumah sakit Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Kabupaten Sleman karena mengalami serangan jantung ringan.

Mendengar kabar duka tersebut, banyak dari tokoh besar Indonesia mengungkapkan belasungkawa atas meninggalnya tokoh agama sekaligus guru besar Buya Syafii.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengungkapkan dalam akun sosial pribadinya bahwa wafatnya Buya Syafii, membuat umat Islam dan bangsa Indonesia kehilangan salah seorang tokoh besarnya.

Baca Juga: Anak Sulung Hilang Saat Berenang di Sungai, Akun Medsos Ridwan Kamil Banjir Doa Warganet

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, telah wafat Buya Ahmad Syafii Maarif, mantan Ketua PP Muhammadiyah, pada hari ini pukul 10.15 WIB di Yogyakarta. Umat Islam dan bangsa Indonesia kembali kehilangan lagi salah seorang tokoh besarnya," tulis Mahfud dalam akun Twitter pribadinya @mohmahfudmd pada Jumat, 27 Mei 2022.

Kemudian ungkapan belasungkawa juga datang dari Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla yang juga ikut menyampaikan rasa duka cita atas kepergian cendekiawan Muslim Buya Syafii.

Halaman:

Editor: Masykur Ridlo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x