Pengamat Beberkan Sosok Ideal Pj Gubernur Banten, Salah Satunya Paham Kultur Masyarakat

- 9 Mei 2022, 10:20 WIB
Yhanu Setiawan
Yhanu Setiawan /

SERANG NEWS - Gubernur Banten Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy akan berakhir masa jabatannya pada 12 Mei 2022 mendatang.

Beberapa nama pun muncul yang digadang-gadang akan mengisi pejabat (Pj) Gubernur Banten. Mereka di antaranya yaitu Juri Ardiantoro (Deputi IV Kepala Staf Presiden), Al Muktabar (Sekda Pemprov Banten), Jan Maringka (mantan Kajari Serang).

Kemudian, ada Mayjen Pol. Krishnand (mantan Kapolres Serang) dan Brigjen Pol. Budi Setiawan (mantan Kabid Propam Polda Banten).

Baca Juga: Pj Kepala Daerah Harus Mampu Terjemahkan Instruksi Presiden, Siapa Paling Sesuai di Banten?

Menanggapi hal itu, Pengamat Tata Negara Yhanu Setiawan membeberkan sosok ideal untuk mengisi pejabat (Pj) Gubernur Benten.

Menurutnya, siapapun yang dipercaya menjalankan tugas sebagai Pj Gubernur Banten harus paham situasi kultural masyarakat Banten.

Selain itu, sosok Pj Gubernur Banten juga harus paham arah pembangunan Provinsi Banten dan dekat dengan kalangan tokoh masyarakat di Banten.

Baca Juga: Fasilitas Megah Banten International Stadium yang Akan Diresmikan Hari ini, Apa Saja? Berikut Ulasannya

"Tentu juga harus melanjutkan reformasi birokrasi di Banten yang masih tertinggal. Kemudian, bisa sinergis pembangunan Banten dengan pusat. Jangan sampai Banten tidak harmonis dengan pusat baik di sekor pendidikan, kesehatan, dan lainnya," kata Yhanu kepada SerangNews pada Senin 9 Mei 2022.

Menurutnya, waktu dua tahun hingga Pilkada dilaksanakan harus menghasilkan manfaat bagi masyarakat Banten. Apalagi, gubernur menjadi kepanjangan tangan dari pemerintah pusat.

Halaman:

Editor: Masykur Ridlo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x