Hasil Rukyatul Hilal di Anyer, Serang, Tidak Terlihat, Awal Puasa Ramadhan 3 April 2022?

- 1 April 2022, 18:48 WIB
Ilustrasi titik pemantauan hilal di Anyer Tidak Terlihat/Pexels @Dominika Roseclay
Ilustrasi titik pemantauan hilal di Anyer Tidak Terlihat/Pexels @Dominika Roseclay /

SERANG NEWS - Kanwil Kemenag Banten bersama BMKG melakukan pemantauan hilal atau rukyatul hilal di Pantai Hotel Puri Retno, Anyer, Kabupaten Serang, pada Jumat 1 April 2022.

Dari hasil rukyatul hilal tersebut, dilaporkan bahwa konjungsi terjadi pada pukul 13.34 WIB dengan umur bulan sekitar 5 jam.

Bulan terbenam pada pukul 18:12:58 WIB sedangkan matahari terbenam pukul 18:01:50 WIB.

Azimuth Bulan berada di posisi 272° 51' 9" sedangkan Azimuth Matahari berada di posisi 274° 33' 47 dengan tinggi Bulan berada di posisi 2° 8' 1 di sebelah Selatan-Atas Matahari. 

Baca Juga: Live Streaming Gratis Sidang Isbat Kapan 1 Ramadhan 2022: Umat Islam, Warga NU dan Muhammadyah Lihat di Sini

Dilaporkan juga bahwa kondisi cuaca pada saat rukyatul hilal terpantau cerah berawan dengan melembaban 70 persen, suhu 31° celcius dan tekanan 1007.9 mb.

"Hilal tidak teramati karena ufuk barat tertutup awan tebal, untuk posisi bulan sudah 2 derajat untuk Indonesia bagian Barat, tapi kalau di bagian Timur, masih 1 drajat," kata Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Tangerang Suwardi.

Sementara Kepala Kanwil Kemenag Banten, Nanang Fatchurochman mengatakana bahwa pihaknya segera melaporkan hasil rukyatul hilal tersebut ke Pemerintah Pusat.

"Hasil rukyatul hilal ini selanjutnya akan dilaporkan ke pusat sebagai bahan pertimbangan Sidang Isbat Awal Ramadhan 1443 H. Jadi, tunggu saja pengumuman hasil dari Sidang Isbat," kata Nanang. 

Halaman:

Editor: Kiki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x