Hapus Nama Royal Dutch, Shell Tinggalkan Belanda dan Pindah ke London

- 15 November 2021, 21:43 WIB
ilustrasi seorang teknisi Royal Dutch Shell.
ilustrasi seorang teknisi Royal Dutch Shell. /Instagram.com./@Shell

SERANG NEWS – Perusahaan bergerak minyak dan gas multinasional Shell memutuskan untuk pindah kantor pusat dari belanda ke London.

Shell merupakan salah satu dari enam perusahaan minyak dan gas terbesar di dunia.

Bidang Royal Dutch Shell mengatakan, pihaknya akan menghapus struktur saham ganda dan memindahkan kantor pusatnya ke Inggris dari Belanda.

Baca Juga: Penyanyi Ber KTP Amerika Ini Diklaim Kelahiran Nganjuk Jawa Timur, Bukti Autentik Bikin Geleng-geleng Kepala

Hal ini didorong oleh pajak Belanda dan menghadapi tekanan iklim di pengadilan ketika raksasa energi itu beralih dari minyak dan gas.

Shell juga akan menghapus 'Royal Dutch' dari namanya. Royal Dutch merupakan bagian dari identitasnya sejak 1907 dan akan menjadi menjadi Shell Plc .

Perusahaan Anglo-Belanda itu telah lama bergumul dengan pihak berwenang Belanda mengenai pajak pemotongan dividen 15 persen di negara itu.

Baca Juga: Hari Toleransi 16 November 2021: Sejarah, Quotes dan Tujuannya Dirayakan Hari Toleransi hingga Kini

Shell berusaha menghindari membayarnya dengan dua kelas sahamnya. Struktur tunggalnya yang baru akan menyelesaikan masalah itu memungkinkan Shell untuk mencapai kesepakatan penjualan atau akuisisi yang lebih cepat.

Dalam pukulan lebih lanjut untuk hubungannya dengan Belanda, dana pensiun negara terbesar Belanda ABP mengatakan bulan lalu akan menjatuhkan Shell dan semua bahan bakar fosil dari portofolionya.

Halaman:

Editor: Masykur Ridlo

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x