Ditemukan Serpihan, Panglima TNI Nyatakan KRI Nanggala 402 Tenggelam

- 24 April 2021, 20:09 WIB
Kapal Selam KRI Nanggala-402 Yang Memuat 53 Militer Diduga Telah Kehabisan Pasokan Oksigen
Kapal Selam KRI Nanggala-402 Yang Memuat 53 Militer Diduga Telah Kehabisan Pasokan Oksigen /tnial.mil.id

SERANG NEWS – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan Kapal Selam KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan utara laut Bali, telah tenggelam.

Ini menyusul penemuan serpihan kapal dan tumpahan bahar bakar minyak di lokasi kejadian.

"Unsur-unsur TNI Angkatan Laut, selain telah menemukan tumpahan minyak dan serpihan yang menjadi bukti autentik menuju fase tenggelamnya KRI Nanggala 402," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam konferensi pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Badung, Bali, Sabtu 24 April 2021.

Sejauh ini tim gabungan dari TNI, Polairud dan SAR terus mencari keberadaan Kapal Selam buatan Jerman dengan 53 orang kru.

Baca Juga: Serpihan Milik Kapal Selam KRI Nanggala 402 Ditemukan, KSAL: Artinya Ada Keretakan Besar

Hadi mengatakan, KRI Nanggala 402 dinyatakan tenggelam setelah dilakukan pencarian oleh tim gabungan selama 72 jam atau selama tiga hari yang menjadi batas akhir life support berupa ketersediaan oksigen di KRI Nanggala 402. Namun hingga kini, keberadaan KRI Nanggala 402 belum juga ditemukan.

Sementara Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono merinci kondisi penemuan serpihan yang diduga bagian Kapal Selam KRI Nanggala 402.

"Telah ditemukan beberapa barang-barang yang berada di sekitar lokasi, diyakini sebagai komponen yang melekat di kapal selam dan ini tidak akan terangkat ke luar kapal apabila tidak ada tekanan dari luar atau terjadi keretakan di peluncur terpedo," ujarnya, dikutip SerangNews.com dari Antara.

Baca Juga: Kapal Selam TNI AL Dikabarkan Hilang Kontak, Ariza Patria: Duka Mendalam Kita Semua

Halaman:

Editor: Muh Iqbal Zikri

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x