Dibangun Tahun 2015, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sindang Heula di Kabupaten Serang

- 4 Maret 2021, 15:04 WIB
Presiden Jokowi resmikan Bendungan Sindang Heula di Kabupaten Serang
Presiden Jokowi resmikan Bendungan Sindang Heula di Kabupaten Serang /Tangkap layar YouTube/ Sekretariat Presiden/

SERANG NEWS - Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Sindangheula di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang pada Kamis 4 Maret 2021.

Bendungan Sindang Heula merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ada di Provinsi Banten dan dibangun pada tahun 2015.

"Bendungan Sindang Heula akan meningkatkan produktifitas pertanian dengan kapasitas 9,3 juta meter kibik dan ini akan memberikan manfaat irigasi 1.280 hektar sawah di Serang dan umumnya di Banten," kata jokowi dalam sambutannya yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Presiden Jokowi Gaungkan Benci Produk Luar Negeri, Ini Alasannya?

Selain menyediakan air untuk irigasi dan pertanian, Bendungan Sindang Heula juga menyediakan air baku yang digunakan oleh para industri di Kota/ Kabupaten Serang dan Kota CIlegon.

"Bendungan ini mampu menyediakan hingga 0,80 meter kibik perdetik air baku," ucapnya.

Baca Juga: Ramai Desakan Anies Baswedan Jual Saham Bir Angker, HNW Sindir Ketua DPRD Jakarta Ikuti Langkah Jokowi

Selain itu, Bendungan Sindang Heula juga bermanfaat utuk pengendalian banjir yang sering terjadi di Kota/ Kabupaten Serang dengan mengurangi banjir 50 meter kibik per detik dari sungai yang sering meluap, yaitu Sungai Ciujung dan Cidurian.

"Bendungan ini juga berfungsi untuk pembangkit listrik, karena bisa menghasilkan 0,40 watt sehingga kedepan bisa dimanfaatkan oleh Pemprov Banten,"tuturnya.

Halaman:

Editor: Muh Iqbal Zikri

Sumber: YouTube Sobat Dosen


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x