Meninggal 25 Tahun Lalu, Begini Cara Suara Penyanyi Lawas Korsel Tampil Lagi di Panggung

- 31 Januari 2021, 13:00 WIB
Artifical intelligence
Artifical intelligence /pixabay/geralt/

SERANG NEWS - Penyanyi lawas folk-rock dari Korea Selatan, Kim Kwang-seok sudah meninggal 25 tahun yang lalu, namun, dia akan tampil lagi di panggung berkat kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Perusahaan Supertone menggunakan kecerdasan buatan untuk suara, bernama Singig Voice Synthesis (SVS), dikutip dari Reuters, Minggu, mempelajari suara Kim lewat 700 lagu. Mesin dilatih untuk bisa bernyanyi lagu baru dengan suara Kim.

Suara Kim Kwang-seok akan ditampilkan di kontes menyanyi 'Competition of The Century: AI vs Human' yang disiarkan di stasiun televisi SBS.

Baca Juga: Tahun Baru Imlek 2021 Segera Tiba, Hindari Melakukan 10 Hal Ini, Salah Satunya Menagih Utang

Suara Kim Kwang-seok, yang menggunakan AI, akan menyanyikan lagu country 'I Miss You' milik penyanyi Kim Bum-soo, keluaran 2002.

"Yang paling kami perhatikan dan khawatirkan adalah izin dari keluarga Kim," kata produser acara tersebut, Kim Min-ji yang dikutip Serangnews dari Antara, Minggu 31 Januari 2021.

"Tapi, ketika kami mainkan suara AI untuk keluarganya, mereka sangat senang. Pada awalnya, mereka hati-hati, tapi, setelah mendengar hasilnya, mereka bilang rasanya seperti Kim Kwang-seok hidup lagi," ujar Kim Min-ji.

Baca Juga: Harlah NU ke-95, Ini Harapan Presiden Jokowi ke NU

Sementara Kepala produser Nam Sang-moon mengatakan agar terdengar akurat, penting sekali suara dan penampilan nanti membawa emosi.

"Ini tentang bernyanyi dengan emosi. Setiap nada harus tersambung secara alami, oleh karena itu, akan muncul emosi. Ini salah satu pentingnya teknologi. Pengembang melatih kecerdasan supaya bisa meniru persis organ suara manusia," tutur Nam.

Halaman:

Editor: Kiki

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x