Jika Disiplin Protokol Kesehatan Tinggi, Guru Besar UI: Negara Bisa Hemat Rp500 Triliun

- 26 November 2020, 21:23 WIB
Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. /Pixabay/

SERANG NEWS - Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Prof. dr. Hasbullah Thabrany menyampaikan negara bisa menghemat Rp500 triliun.

Hal itu bisa dilakukan jika disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan tinggi.

"Apabila kita bisa disipilin menjalankan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak aman), dan pemerintah aktif menjalankan 3T (Tracing, Testing, Treatment), kita dapat menghemat kerugian negara yang lebih besar lagi, kita bisa menghemat sampai Rp500 triliun, dan menggunakannya untuk membangun ekonomi Indonesia," kata Hasbullah dikutip SerangNews.com dari laman Covid19.go.id, Kamis 26 November 2020.

Baca Juga: Biaya Perawatan Covid-19 Mencapai Rp184 Juta per Orang, Solusinya Vaksinasi

Dalam Dialog Produktif bertema 'Memaksimalkan Pengelolaan Kesehatan Lewat Vaksinasi' yang yang diselenggarakan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Menurutnya, saat ini pemerintah memang menanggung biaya rumah sakit melalui anggaran Kementerian Kesehatan. Namun, jika perawatan berlangsung selama 30 hari dan masuk ICU, biaya perawatan bisa mencapai Rp15 juta perhari.

Baca Juga: Bupati Tangerang Minta Guru Tingkatkan Kompetensi dan Inovasi di Tengah Pandemi Covid-19

"Pengeluarannya bisa lebih dari seratus juta. Tapi masyarakat perlu pahami, meski ditanggung negara maka jangan merasa nyaman dan tidak peduli menjalankan protokol Kesehatan," ucap dia.

Sehingga, ujar dia, masyarakat harus menyadari bahwa mencegah penularan Covid-19 sangat besar manfaatnya bagi diri sendiri dan orang lain. Meskipun, manfaatnya memang tidak kelihatan saat belum mengalaminya.

Baca Juga: Update Terbaru Covid-19, DKI Jakarta Catat Kesembuhan Tertinggi, Tapi Kasus Positif Tertinggi

Halaman:

Editor: Adi R

Sumber: covid19.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x