Jejak Peninggalan Zaman Manusia Purba di Banten Ini Jadi Tempat Keramat dan Pemandian

- 14 Maret 2022, 11:48 WIB
Situs Batu Goong - Citaman di Bukit Kadu Guling, Desa Sukasari, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang.
Situs Batu Goong - Citaman di Bukit Kadu Guling, Desa Sukasari, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang. /Ken Supriyono/Serangnews.com/

SERANG NEWS – Sejumlah jejak peninggalan manusia purba pada zaman pra sejarah atau megalitik banyak dijumpai di Provinsi Banten.

Di antara peninggalan manusia purba di Banten adalah Situs Batu Goong-Citaman yang berada di lereng Gunung Pulosari, atau Bukit Kadu Guling, Desa Sukasari, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang.

Situs Batu Goong-Citaman konon tidak bisa dipisahkan dari peninggalan megalitik di sekitar Gunung Pulosari lainnya. Di antaranya, arca Sangyang Heuleut dan Sangyang Dengdek yang jaraknya 4 kilometer dari situs tersebut.

Selanjutnya, Situs Cihunjuran di tepi bukit Pulosari, Desa Cikoneng, Mandalawangi. Situs ini memiliki karakter yang sama dengan Situs Batu Goong-Citaman.

Baca Juga: Situs Batu Goong dan Citaman, Peninggalan Masa Prasejarah di Banten yang Menjadi Tempat Wisata  

Situs lainnya adalah Batu Ranjang di Kampung Batu Ranjang, Desa Batu Ranjang, dan Batu Tumbung di Kampung Cidaresi, Desa Palanyar, Kecamatan Cipeucang.

Temuan-temuan situs megalitik ini membuktikan adanya peradaban Banten sejak ribuan tahun lalu.

Situs Batu Goong-Citaman adalah dua situs dalam satu kawasan. Batu Goong ini sebuah menhir terbungkus kain putih sebagai pusat. Batu ini dikeliling oleh batu-batu lain yang membentuk formasi temu gelang.

Sementara, batu-batu yang mengelilingi menhir berbentuk gamelan atau gong dan batu pelingging. Juga, sebuah batu yang berbentuk layaknya meja.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x