Situs Batu Goong dan Citaman, Peninggalan Masa Prasejarah di Banten yang Menjadi Tempat Wisata  

- 31 Oktober 2020, 09:06 WIB
Situs Batu Goong - Citaman di Bukit Kadu Guling, Desa Sukasari, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang.
Situs Batu Goong - Citaman di Bukit Kadu Guling, Desa Sukasari, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang. /Serangnews.com

 

 

SERANGNEWS.COMProvinsi Banten pernah melintasi zaman pra sejarah atau megalitik. Jejaknya  pun banyak tersaji sebagai warisan budaya. Salah satunya, Situs Batu Goong-Citaman

Inilah situs zaman prasejarah atau megalitik di lereng Gunung Pulosari, atau Bukit Kadu Guling, Desa Sukasari, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang yang kini jadi objek wisata pemandian.

Memasuki kampung lokasi situs zaman prasejarah ini, pengunjung akan dimanjakan rimbunnya tumbuhan di area situs yang berlokasi tepat di. Bahkan tumbuhan itu cukup memberi keteduhan.

Baca Juga: Striker PSG Neymar Absen Akibat Cidera hingga Pertengahan November

Memang butuh energi tambahan mendaki jalan tanpa aspal. Jaraknya sekira 500 meter, dengan waktu tempuh tak lebih dari 15 menit dari jalan utama.

Situs Batu Goong-Citaman adalah dua situs dalam satu kawasan. Batu Goong ini sebuah menhir terbungkus kain putih sebagai pusat. Batu ini dikeliling oleh batu-batu lain yang membentuk formasi temu gelang.

Sementara, batu-batu yang mengelilingi menhir berbentuk gamelan atau gong dan batu pelingging. Juga, sebuah batu yang berbentuk layaknya meja.

“Konon dulunya sebagai tempat pemujaan kepada arwah leluhur,” kata Pamong Budaya BPCB Banten Yanuar Mandiri. Sebelum melakukan ritual, biasanya akan dilakukan penyucian diri pada situs kolam yang dikenal dengan nama Citaman.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x