7 Pesan-pesan Pendidikan Imam Ghazali Pada Anaknya yang Bisa Diterapkan Sehari-hari

- 29 September 2021, 10:34 WIB
  Ilustrasi anak belajar tatap muka.
Ilustrasi anak belajar tatap muka. / Pexels /

SERANG NEWS- Artikel berikut ini disarikan dari kitab “Ayyuhal Walad”, karya Imam Ghazali

Mendidik anak menjadi suatu perintah bagi setiap orangtua sebagaimana difirmankan Allah pada QS.At Tahrim 6 ;

”Hai orang-orang yang beriman, jagalah diri dan keluargamu dari api neraka, yang bahan bakarnya manusia dan batu. Penjaganya adalah malaikat-malaikat yang kasar lagi berhati keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintah pada mereka, dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”.

Untuk itulah para orangtua akan melakukan berbagai hal termasuk belajar dan membekali dirinya dengan banyak pengetahuan bagaimana mendidik anak dengan benar agar sesuai dengan pesan-pesan yang tersirat maupun tersurat dalam Al Qur’an.

Termasuk juga pesan-pesan dari Rasulullah SAW, keduanya dapat kita temukan juga dalam pesan-pesan pendidikan Imam Ghazali pada anaknya dalam “Ayyuhal Walad (Wahai Anakku).

1. Wahai anakku, salah satu nasehat Rasulullah SAW kepada umat islam adalah sabdanya berikut :

“ Tanda-tanda Allah berpaling dari seorang hamba ialah ketika hamba tersebut terlalu sibuk dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. Jika waktu dari usianya berlalu begitu saja tanpa melakukan ibadah yang telah diwajibkan untuknya, maka dia akan merasakan penyesalan yang panjang. Dan barang siapa umurnya yang telah melewati 40 tahun, sementara kebaikannya belum mengalahkan amal keburukannya, maka ia harus bersiap menuju neraka”.

Baca Juga: Kombinasi Kurma dengan Buah Ini Jadi Resep Ampuh Obati Darah Tinggi ala Dokter Zaidul Akbar

2. Wahai anakku, meminta nasehat sangatlah mudah, tapi begitu sulit untuk memenuhinya. Khususnya bagi orang-orang yang mengikuti hawa nafsu, nasehat begitu terasa pahit. Karena perkara-perkara yang dilarang sangat digemari oleh hati mereka.

Halaman:

Editor: Muh Iqbal Zikri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x