Biografi Syekh Nawawi Al Bantani, Ulama Nusantara Yang Menulis 114 Kitab

- 23 September 2021, 19:44 WIB
Biografi Syekh Nawawi Al Bantani/Internet
Biografi Syekh Nawawi Al Bantani/Internet /

SERANG NEWS - Artikel berikut ini disarikan dari sebuah buku karya  KH.Husein Ahmad yang berjudul  “Ulama-ulama Yang Menghabiskan Waktunya Dengan Membaca-, Menulis, dan  Menebarkan Cahaya Ilmu Pengetahuan”.

Syaikh Nawawi al-Bantani a-Jawi  (1230-1314 H/1813-1897 M) lahir di Tanara, sebuah desa kecil di Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Banten, pada 1230 H/1813 M.

Beliau dididik dalam tradisi keagamaan yang sagat kuat di Tanara. Sejak berusia lima tahun, ia mulai belajar ilmu agama Islam langsung dari ayahnya. Bersama saudara-saudara kandungnya.

Ia belajar pengetahuan dasar bahasa Arab, al Qur’an, hadits, tauhid dan fiqih.

Pada usia delapan tahun, bersama kedua adiknya , Tami, dan Ahmad, Syaikh Nawawi al Bantani  al- Jawi berguru kepada KH.Sahal, salah seorang ulama terkenal di Banten saat itu.

Kemudian, ia melanjutkan belajar kepada Syaikh Baing Yusuf Purwakarta. Pada usia 15 tahun  beliau sudah menunaikan ibadah haji.

Baca Juga: Dokter AS Ini Soroti Virus yang Mematikan Selain Covid-19, Salah Satunya Ulama Tak Berpendidikan, Siapa Dia?

Di Makkah, beliau tinggal dan bermukim di bilangan Syi’bli Ali, dekat masjidil Haram. Di sana beliau belajar kepada banyak ulama.

Syaikh Nawawi al Bantani al Jawi dikenal sebagai  seorang  ulama Indonesia yang diakui keulamaannya di dunia internasional.

Halaman:

Editor: Muh Iqbal Zikri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x