HIKMAH RAMADHAN 2: Keutamaan Sholat Malam sebagai Maqam Terpuji Seorang Muslim

- 14 April 2021, 04:30 WIB
Hikmah Ramadhan: Keutamaan Sholat Malam.
Hikmah Ramadhan: Keutamaan Sholat Malam. /PIXABAY/Mohamed_Hassan/

SERANG NEWS – Simak Hikmah Ramadhan 2 yang mengangkat tema Keutamaan Sholat malam sebagai maqam terpuji soerang muslim dari Kitab Al Hikam Syekh Ibn Atha’illah As-Sakandari.

Sholat paling utama dan paling banyak memberikan pengaruh adalah nawafil (sholat sunah setiap hari), yang terdiri dari sebelas rakaat dan waktu pelaksanaanya sepertiga malam sampai terbit fajar.

Pelbagai ayat dan riwayat menyebutkan tentang keutamaan sholat di waktu menjelang subuh, sholatulail (sholat malam), dan istifgfar (memohon ampun) pada waktu menjelang subuh, sangat banyak sekali.

Baca Juga: HIKMAH RAMADHAN 1: Keutamaan Puasa: Benteng dari Api Neraka dan Dilipatkannya Pahala

Baca Juga: 7 Macam Bacaan Istighfar sesuai Anjuran Nabi, Lengkap dengan Bahasa Arab dan Artinya

Ringkasnya setiap kali seseorang sampai pada maqam apapun di alam ibadah, itu lantaran berkah pelaksanaa (ibadah) saat menjelang subuh.

Riwayat yang menegaskan sholat malam:

Imam Muhammad al-Baqir berkata, “Siapa yang benar-benar beriman kepada Allah dan hari akhir, dia tidak akan mengatur di waktu malam kecuali dengan witir.”

Di dalam kertas yang bertanda tangan penuh makna berkah dikeluarkan Iman ah-Hujah bin Hasan kepada Ibnu Babawaih, “Semoga Allah mempercepat kehadirannya.”

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x