JRDP Minta KPU Kabupaten dan Kota Tak Batasi Ruang Publik di Vermin Parpol

- 1 September 2022, 13:28 WIB
Logo JRDP
Logo JRDP /JRDP

SERANG NEWS - Badan Pekerja JRDP menilai pelaksanaan verifikasi administasi (vermin) partai politik calon peserta Pemilu 2024 yang kini tengah dilakukan KPU Kabupaten Kota, sama sekali tidak melibatkan publik.

Para operator Sipol yang bekerja memberikan status atas keanggotaan parpol, bekerja tanpa ada kontrol dan atau pengawasan dari publik. Karena itu, JRDP mendesak KPU Kabupaten Kota untuk dapat mempertanggungjawabkan kinerja seluruh operator Sipol tersebut.

“Vermin lewat Sipol adalah tahapan paling gelap. Dikatakan demikian karena sedari awal, publik tidak pernah diberikan informasi memadai oleh KPU tentang berapa jumlah anggota parpol X misalkan. Kemudian berapa yang memenuhi syarat, berapa yang tidak memenuhi syarat, kenapa memenuhi syarat, kenapa tidak memenuhi syarat," kata Koordinator JRDP Febri Setiadi, Rabu 31 Agustus 2022.

Baca Juga: Ada Apa Kejagung Kembalikan Berkas Perkara Empat Tersangka Kasus Kematian Brigadir J?

"Tiba tiba nanti mungkin di akhir verifikasi KPU mempublish, parpol A lolos sebagai peserta pemilu, parpol B tidak. Prosesnya saja kami tidak pernah tahu, bagaimana mau bisa menerima hasil berupa angka angka rekapitulasi,” tambahnya.

Dijelaskan Febri, berdasarkan pengamatan di beberapa KPU Kabupaten Kota di Provinsi Banten, para operator Sipol tidak memiliki pemahaman yang utuh dan sama tentang bagaimana pemberian status keanggotaan parpol.

Terlebih, aparatur Bawaslu juga dibatasi betul dalam melakukan kerja kerja pengawasan. Terlebih, KPU juga tidak secara pro aktif mengundang publik, untuk dapat menyaksikan proses eksekusi Sipol oleh para operator.

Baca Juga: Sah, Fauzan Dardiri Terpilih Aklamasi Jabat Ketua PWKS Kota Serang Periode 2022 - 2025

“Siapa yang dapat meyakini, bahwa tindakan operator Sipol sekarang sudah sesuai. Bahwa tindakan operator Sipol tidak melenceng dari norma. Jangankan publik, Bawaslu saja kami dengar diberi jarak untuk dapat mengawasi. Jadi kami menuntut kepada KPU Kabupaten Kota untuk dapat menjelaskan secara komprehensif dan detail, bagaimana vermin ini dilakukan,” ucapnya.

“Berapa jumlah anggota parpol, bagaimana verifikasi dilakukan, publik sama sekali tidak tahu. Jadi wajar kalau ada penilaian bahwa tahapan verifikasi ini aktor utamanya hanya parpol dan KPU. Padahal baik parpol maupun KPU adalah lembaga publik. Jika dibiarkan, nanti akan berkembang opini liar, apa yang dilakukan parpol dan KPU saat verifikasi. Begitu seterusnya pertanyaan sinis akan muncul dari publik.” tuturnya.

Halaman:

Editor: Masykur Ridlo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x