Badan Antariksa Eropa Pilih Tim untuk Eksperimen Pertama Mengekstraksi Oksigen di Bulan

- 11 Maret 2022, 04:30 WIB
Pendaratan robot di bulan.
Pendaratan robot di bulan. /Dok. ESA/

SERANG NEWS - Badan Antariksa Eropa (ESA) telah memilih tim untuk merancang dan membangun muatan eksperimental pertama untuk mengekstraksi oksigen dari permukaan pulan.

Pemenang eksperimen tersebut dipimpin Thales Alenia Space di Inggris. Mereka telah ditugaskan untuk memproduksi peralatan kecil yang akan mengevaluasi prospek pembangunan di bulan.

Tujuannya untuk mengekstrak propelan pesawat ruang angkasa dan udara yang dapat bernapas untuk astronot serta bahan baku logam.

Baca Juga: Misi Perseverance NASA di Mars Temukan Pemandangan Bebatuan Biru di Kawah Jazero Planet Merah

Muatan kompak akan mengekstrak 50-100 gram oksigen dari regolith bulan. Targetnya dapat mengekstraksi 70 persen dari semua oksigen yang tersedia dalam sampel sambil memberikan pengukuran presisi kinerja dan konsentrasi gas.

Pekerjaan itu harus dilakukan secara terukur dalam periode 10 hari – berjalan dengan tenaga surya yang tersedia dalam satu hari bulan selama dua minggu, sebelum datangnya malam bulan yang gelap gulita dan membekukan.

Direktorat Eksplorasi Manusia dan Robot ESA memilih tim yang dipimpin Thales yang terdiri dari AVS, Metalysis, Open University, dan Redwire Space Europe.

Baca Juga: NASA Mulai Rakit Pesawat Ruang Angkasa Europa Clipper, Misi Pemantauan Bulan Jupiter

Hal itu setelah penelitian terperinci tahun lalu dengan mengevaluasi tiga desain saingan. Prosesnya mengikuti pendekatan baru untuk memilih konsep sistem.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Sci Tech Daily


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x