Intel Perbaiki Intel Alder Lake, Solusi Masalah saat Mainkan Game

- 23 November 2021, 22:13 WIB
Ilustrasi prosesor. Inilah perbedaan prosesor AMD Vs Intel.
Ilustrasi prosesor. Inilah perbedaan prosesor AMD Vs Intel. /Pixabay

SERANG NEWS - Meskipun prosesor Intel Alder Lake telah mengumpulkan ulasan yang luar biasa saat pertama kali di pasarkan pada tahun 2021.

Namun, beberapa game memiliki masalah saat berjalan di CPU baru. Desain prosesor Intel generasi ke-12 menyebabkan sejumlah game tidak bisa untuk dimainkan.

Gigabyte bergabung dengan daftar vendor motherboard terbaik, seperti MSI, dalam memberikan perbaikan untuk masalah ini yang memungkinkan pengguna dapat memainkan.

Baca Juga: Yuk Simak Perbedaan Chip Apple M1 Pro vs M1 Max, Manakah yang Lebih Unggul

Sementara itu, Intel terus mengerjakan solusinya sendiri bersama pengembang game, CPU Intel Alder Lake pada umumnya adalah game beast yang kuat, Intel Alder Lake mengungguli pesaingnya sebesar 60 persen.

Sayangnya, ada daftar game yang cukup panjang yang tidak berfungsi pada prosesor baru alasannya terletak pada arsitektur hybrid chip Intel Generasi ke-12.

Masalah ini disebabkan oleh DRM (Manajemen Hak Digital) di game-game ini, Karena CPU Intel Alder Lake menampilkan campuran dua jenis inti yaitu inti-P Golden Cove (Kinerja) dan inti-E Gracemont (Efisiensi).

Baca Juga: Windows 11 Dinilai Lamban, Microsoft Lakukan Pembaruan Sistem Operasi

DRM mengidentifikasi dua jenis inti ini sebagai dua sistem yang terpisah, Ini mencegah game berjalan, meskipun P-core dan E-core semuanya adalah bagian dari prosesor yang sama.

Bergantung pada gamenya, ketidakcocokan dengan teknologi CPU hybrid terbaru ini dapat sepenuhnya mencegahnya berjalan.

Mampu menyebabkan crash dan bug, atau sekadar menurunkan kinerja game, perbaikannya yang sudah digunakan oleh motherboard MSI.

Baca Juga: Dimensity 9000 Chipset Flagship Baru dari MediaTek, Kehadirannya Mengancam Qualcomm di Pasar Dunia

menonaktifkan sementara inti efisiensi Alder Lake. Inilah yang ditawarkan Gigabyte dengan alat perbaikan DRM barunya.

Perangkat lunak baru Gigabyte, yang ditargetkan untuk pemilik motherboard Z690 baru dari vendor, mematikan E-core Alder Lake.

Ini berarti bahwa, saat bermain game, core efisiensi dinonaktifkan, dan ini memungkinkan game pra-Alder Lake ini berjalan secara normal.

Baca Juga: Gerak Cepat, Baru Saja Luncurkan DDR5 Samsung Bersiap Membuat DDR6 dan DDR7

Awal bulan ini, Intel mengakui masalah game ini dan melakukan perbaikan untuk mengaktifkan mode kompatibilitas Game Legacy. Namun, solusinya memerlukan masuk ke BIOS.

Sebelumnya, Gigabyte mengeluarkan siaran pers untuk mengumumkan peluncuran alat baru.

Pabrikan menjanjikan bahwa perangkat lunak berbasis Windows barunya mudah dikendalikan dan tidak memerlukan instalasi yang rumit

Sebagian besar pengguna tidak perlu mengotak-atik BIOS mereka untuk menjalankan DRM Fix Gigabyte, tetapi beberapa motherboard mungkin memerlukannya.***

Editor: Masykur Ridlo

Sumber: Anandtech


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x