PB Jaya Raya Tes Kebugaran Dengan Cosmed K5, Apa itu?

- 21 September 2021, 18:32 WIB
PB Jaya Raya Tes Kebugaran Dengan Cosmed K5, Apa itu?
PB Jaya Raya Tes Kebugaran Dengan Cosmed K5, Apa itu? /Tangkap Layar IG @pb_jayaraya./

SERANG NEWS - PB Jaya Raya bersama dengan kelompok keilmuan olahraga Institut Teknologi Bandung (ITB), mengadakan uji coba alat terbaru untuk mengukur tingkat kebugaran atlet atau yang diberi nama COSMED K5.

Hal itu dilakukan, untuk mengukur Vo2Max para atlet PB Jaya Raya, biasanya kelompok keilmuan olahraga dari ITB menggunaan treadmil dan alat pengukur Vo2MAX.

Namun kali ini, kelompok dari ITB mencoba menggunakan alat terbaru yang hanya dimiliki oleh 2 kampus kelompok keilmuan olahraga di ITB dan UNJ Jakarta dengan alat portable pengukur Vo2Max.

Ketua Harian PB Jaya Raya, imelda Wigoena mengatakan, bahwa tujuan menggunakan alat ini adalah untuk memaksimalkan program Sport Science dari PB Jaya Raya.

Baca Juga: Kakak Adik Bersaudara Ini Masuk Skuad Bulutangkis di Piala Sudirman, Thomas dan Uber Cup 2020, Ini Sosoknya

Menurutnya, kegiatan ini dirasa penting untuk rekrutment yang sudah dijalankan.

"Kami merasa penting sekali untuk menangani atlet dan menelusuri kondisi atlet secara berkala sehingga dapat menghasilkan para atlet yang berkualitas setiap harinya," ungkapnya yang dikutip dari pbjayaraya.org, pada Selasa 21 September 2021.

Alat ini sudah digunakan oleh lebih kurang 50 orang atlet untuk sepak bola putri di Jawa Barat dan sedang di uji coba tes alat untuk para atlet PB Jaya Raya di GOR PB Jaya Raya Bintaro.

Adapun tujuan dari alat COSMED K5 ini menurut para pelatih yaitu untuk mendeteksi konsumsi O2/menit para atlet. Yang kedua adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran atlet permenitnya.

Halaman:

Editor: Kiki

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah