Sinyal Siaran TV Hilang di Parabola Saat Hujan? Ini Penjelasannya

- 5 Februari 2021, 12:20 WIB
Update Terbaru Februari, Setting Format Frekuensi INDOSIAR, TRANS7, NET TV, TV One, MNC Satelit Telkom 4 di Parabola
Update Terbaru Februari, Setting Format Frekuensi INDOSIAR, TRANS7, NET TV, TV One, MNC Satelit Telkom 4 di Parabola /Pixabay/WikiImages/

SERANG NEWS - TV satelit atau parabola masih banyak digunakan di Indonesia. Terutama di wilayah perkampungan yang kesulitan sinyal saat menggunakan antena UHF.

Namun, ternyata menggunakan parabola pun tidak lepas dari permasalahan sinyal. Apalagi saat hujan turun disertai kilat dan awan tebal.

Dengan cuaca yang tidak bersahabat itu, seringkali kualitas sinyal terganggu atau bahkan hilang.

Baca Juga: Punya Industri Rumahan Jenis Pangan? Begini Cara Urus Izinnya

Bagi pengguna C Band, mungkin permasalahan cuaca tidak menjadi kendala. Meskipun, kualitas sinyal sedikit terganggu. Tetapi, sinyal tidak sepenuhnya hilang.

Sementara, bagi pengguna Ku Band, cuaca menjadi satu permasalahan yang klasik. Karena saat hujan disertai awan gelap dan petir, sinyal parabola secara otomatis akan hilang.

Baca Juga: Siaran SCTV dan Indosiar Hilang di Parabola? Ini Solusinya

Dilansir SerangNews dari berbagai sumber, sinyal Ku Band (parabola mini) berfrekuensi tinggi. Namun, ia tidak bisa menembus tebalnya awan yang mengandung elektro magnetik saat hujan.

Sehingga, secara otomatis sinyal pada Ku Band akan hilang. Meskipun, parabola nya diganti dengan jenis parabola yang besar dan menggunakan LNB mahal, sinyal Ku Band akan tetap hilang.

Bahkan, saat hujan reda, jika awan hitam tebal masih ada kemungkinan sinyal akan tetap hilang.

Halaman:

Editor: Kiki

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x