Keren, Santri di Pandeglang Gubah Tenun Baduy Menjadi Desain Baju Modeling dengan Sentuhan Modern

- 14 Desember 2020, 22:01 WIB
Olahan tenun Baduy dan batik Lebak hasil pelatihan Bootcamp Fashion 2020 dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten dan perancang Wignyo Rahadi.
Olahan tenun Baduy dan batik Lebak hasil pelatihan Bootcamp Fashion 2020 dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten dan perancang Wignyo Rahadi. /ANTARA/HO/

SERANG NEWS - Tenun menjadi salah satu hasil kerajinan tangan masyarakat Baduy di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Kendati warga Baduy mengasingkan diri dari hiruk pikuk kehidupan modern, siapa sangka tenun-tenun Baduy bisa menjadi salah satu desain baju model yang tak kalah dari baju-baju modern.

Ya, lewat tangan-tangan kreatif para santri Pondok Pesantren Roudlotul Huda di Pandeglang, Provinsi Banten, tenun-tenun Baduy ini digubah menjadi baju modeling dengan sentuhan modern.

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun, Shopee Hadirkan Stray Kids dan GOT7 dalam TV Show Shopee 12.12 Birthday Sale!

Para santri ini secara khusus mendesain tenun Baduy setelah mendapat pelatihan khusus dari perancang Wignyo Rahadi

Hasil pelatihan kerjasama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten itu, mengolah kain tradisional asal Banten, tenun Baduy dan batik Lebak dengan sentuhan modern.
 
“Pesantren mempunyai andil cukup besar dalam proses menciptakan sumber daya manusia yang unggul, berkualitas, dan religius di bidang usaha fesyen," papar Wignyo Rahadi dikutip SerangNews.com dari Antara, Senin 14 Desember 2020.

Baca Juga: Alhamdulillah, Tahun 2021 Kemensos Tetap Salurkan Bansos, Ini Mekanismenya 

Dia berharap pelatihan ini dapat memunculkan potensi dan meningkatkan keahlian santri dan alumni pesantren agar semakin terampil, inovatif dan kreatif.

Selain itu, mampu menghasilkan produk fesyen yang berkualitas tinggi, baik secara desain maupun kualitas jahit.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x