7 Cara Inspiratif Rasulullah SAW Dalam Mengajar, Salah Satunya dengan Analogi

- 31 Agustus 2021, 08:50 WIB
Ilustrasi mengajar
Ilustrasi mengajar /Pixabay/SyauqiFillah

SERANG NEWS - Artikel ini akan membahas 7 cara inspiratif yang dilakukan Rasulullah SAW dalam mengajar.

Sebagai utusan Allah yang terakhir bagi umat Islam khususnya dan umat manusia seluruhnya, Rasulullah SAW menjadi sebaik-baik suri tauladan dalam berbagai hal.

Salah satunya adaah bagaimana beliau mengajarkan ilmu pada para sahabat saat itu. Baik yang berlangsung pada periode Mekkah maupun periode Madinah.

Baca Juga: Mari Mengenal Apa Itu ANBK, Simak di Sini, Pengertian dan Tujuannya untuk Para Siswa

Tidak hanya menyampaikan wahyu, beiau juga mengajarkan cara-cara menerapkan pesan-pesan Al Qur’an . Baik dalam hubungan dengan Allah dalam aktifitas ibadah maupun hubungan sesama manusia termasuk bermuamalah.

Dalam proses menyampaikan wahyu Alqur'an dan mengajak untuk menyembah Allah SWT, Nabi Muhammad SAW juga menerapkan pendidikan dan pengajaran pada berbagai kalangan dan usia.

Berikut ini adalah ringkasan metode mengajar beliau dari buku 'Rasulullah SAW: Guru paling Kreatif, Inovatif dan Sukses Dalam Mengajar', karya Awy A Qalamun.

Baca Juga: Materi Tentang Gangguan, dan Penyakit Pada Otot dan Kunci Jawaban Tematik SD/MI Kelas V Halaman 171-178

1. Praktik Langsung (Demostrasi/ memperagakan)

Dalam metode ini beliau menerapkan ketikan meberikan tata cara wudhu, shalat, meluruskan shaf shalat, ibadah haji dan lain sebagainya. Dalam lingkup ilmu hadits cara beliau ini di sebut dengan istilah 'Sunnah Fi’liyah'.

Halaman:

Editor: Masykur Ridlo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x