Ditemukan Produk Impor Terkontaminasi Covid-19, China Stop Impor Makanan Beku 109 Negara

- 15 November 2020, 12:04 WIB
Ilustrasi makanan beku
Ilustrasi makanan beku /Foto Pixabay/

SERANGNEWS.COM - Pemerintah China menemukan produk impor terkontaminasi covid-19, maka melalui Kementerian Kepabeanan China (GAC) menyetop sementara impor makanan beku dari 109 negara.

Namun GAC tidak menyebut daftar negara - negara mana saja yang dilakukan penangguhan impor itu.

Yang jelas GAC telah melakukan penangguhan impor ikan sotong dari perusahaan asal India, pasca ditemukan kandungan covid-19 pada beberapa paket ikan beku tersebut.

Baca Juga: Tiba-tiba Panglima TNI Tegaskan Persatuan dan Kesatuan, Ada Apa?

Dikutip Serangnews.com dari Antara Minggu 15 November 2020, ditemukan kandungan covid-19 pada produk makanan beku impor di lima tempat berbeda pada Jumat 13 November 2020 dan Sabtu 14 November 2020 kemarin. Kelima tempat itu adalah Wuhan (Provinsi Hubei), Jinan dan Liangshan (Provinsi Shandong), Quanzhou (Provinsi Fujian), dan Lanzhou (Provinsi Gansu).

Untuk menghindari penularan covid-19 dari makanan impor, Dewan Pemerintahan China (Dewan Kabinet), Senin (9/11), telah menginstruksikan penggunaan disinfektan pada seluruh makanan beku sebelum dilempar ke pasaran.

Baca Juga: Seluruh Dunia Alami Resesi, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diprediksi Tahun 2021 Lebih Tinggi

Semua kelengkapan di gudang produk impor juga wajib disterilisasi, termasuk tempat penyimpanan dan kendaraan pengangkut.

Kepala Bidang Virologi Pusat Pengendalian dan Penyakit Menular China (CCDC) Wu Zunyou mengingatkan perlunya pengujian produk impor pada sistem pengangkutan barang pada musim dingin untuk mendeteksi kandungan covid-19.***

Editor: Adi R

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah