MUI Desak Presiden Jokowi Turun Tangan Damaikan Perang Rusia dan Ukraina

- 5 Maret 2022, 22:53 WIB
Presiden Joko Widodo dan Presiden Rusia Vladimir Putin.
Presiden Joko Widodo dan Presiden Rusia Vladimir Putin. /Dok. Setneg /

SERANG NEWS - Serangan militer Rusia ke Ukraina dinilai sudah pada tingkat mengkhawatirkan.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai pemimpin negara Republik Indonesia didesak untuk turun tangan mendamaikan konflik perang Rusia dan Ukraina.

Permintaan kepada Jokowi disampai Majelis Ulama Indonesia (MUI). Mereka menilai perdamaian Rusia dan Ukraina harus diusahakan Indonesia.

Baca Juga: Jumlah Senjata Nuklir Rusia Setara Gabungan Milik AS dan Negara NATO, China Duduki Peringkat 3 Dunia

"Kepada pemerintah RI (di bawah Presiden Jokowi-red) saya sangat berharap peran-peran yang lebih strategis dan taktis dalam ikut serta mengupayakan perdamaian Rusia-Ukraina," kata Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri Prof Sudarnoto Abdul Hakim dikutip SerangNews.com dari Antara, Sabtu 5 Maret 2022.

Indonesia sebagai sahabat Rusia dan Ukraina dinilai Sudarnoto, sangat memungkin bisa menjadi penegah untuk bisa mencapai kesepakatan damai di antara keduanya.

"Pengalaman kesepakatan damai yang dilakukan di berbagai negara yang bertikai menunjukkan bahwa trust (kepercayaan) sangatlah penting, jangan ada satupun yang mengkhianati," ujarnya.

Baca Juga: Rusia Umumkan Gencatan Senjata di Dua Kota Ukraina, Beri Waktu Warga Sipil Dievakuasi

Menurutnya, serang Rusia tidak bisa dibiarkan begitu saja. Harus ada negara yang mengambil inisiatif untuk mendamaikannya.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Reuters ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x