Temui Menlu China, Menlu RI Retno Marsudi: Rakyat Myanmar semakin Menderita

- 2 April 2021, 22:40 WIB
Domenstrasi rakyat Myanmar pasca kudeta milter di Myanmar.
Domenstrasi rakyat Myanmar pasca kudeta milter di Myanmar. /Reuters/Stringer

SERANG NEWS – Situasi politik Myanmar pasca kudeta militer menjadi perhatian dunia. Perintah Indonesia turut serta memerhatikan situasi tersebut.

Melalui Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Menlu China Wang Yi untuk membahas situasi politik terkini Myanmar.

Pertemuan yang dilakukan di Provinsi Fujian, China, Menlu RI Retno Marsudi menyampaikan beberapa persoalan Myanmar yang dinilainya perlu menjadi perhatian bersama.

Baca Juga: Cerita Polisi Myanmar yang Lari ke India saat Kudeta Militer: Kami akan Mati Jika Kembali!

Baca Juga: 400 Warga Myanmar Cari Perlindungan ke India, Termasuk Polisi dan Pemadam Kebakaran

“Kami memiliki kekhawatiran yang sama mencermati perkembangan situasi dan tidak ingin melihat rakyat Myanmar semakin menderita,” kata Menlu RI Retno Marsudi usai melakukan pertemuan empat mata dengan Menlu China Wang Yi yang dikutip SerangNews.com dari Antara, Jumat 2 April 2021.

Retno memaparkan bahwa Indonesia dan China memiliki kesepahaman menyoal kondisi di Myanmar. Menurutnya, harus ada upaya mengakhiri kekerasa yang terhadi di Myanmar.

Salah satu solusi yang ditawarkan adalah, melakukan jalan dialog antar pihak di Negara Myanmar.

Selain itu, Menlu Retno juga menyampaikan dukungannya terhadap upaya Pemerintah China dalam tawarannta kepada Perhimpunan Bangsa-Bangsa (PBB) Asis Tenggara (ASEAN) dalam membantu Myanmar.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: REUTERS ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x