Terungkap Mengapa Tikus Disebut Nenek Moyang Hewan Mamalia dan Lebih Kuat dari Dinosaurus

- 12 Maret 2022, 12:36 WIB
Tikus, nenek moyang hewan mamalia yang lebih kuat dari dinosaurus.
Tikus, nenek moyang hewan mamalia yang lebih kuat dari dinosaurus. /Pixabay / alexas_fotos/

SERANG NEWS – Para ilmuan menyebut tikus adalah nenek moyang hewan mamalia. Bahkan disebut lebih kuat dari dinosaurus yang telah punah di bumi.

Tikut dikenal sebagai salah satu famili hewan pengerat dari ordo Rodentia. Spesies tikus yang paling dikenal adalah mencit (Mus spp) dan tikus got (Rattus norvegicus).

Tikus hampir ditemukan di semua negara dan, kendati banyak subfamili hanya bisa ditemukan di daerah tertentu.

Tikus tidak ditemukan di Antartika atau pada banyak pulau yang terletak di tengah samudera. Meskipun tidak satupun dari mereka berasal dari Amerika, beberapa spesies, terutama tikus rumah dan tikus hitam, telah tersebar ke seluruh dunia.

Baca Juga: Ilmuan Ungkap Alasan Buaya Bertahan dari Ledakan Asteroid yang Musnahkan Dinosaurus di Bumi

Tikus menempati berbagai ekosistem dari hutan tropis hingga tundra. Terdapat pula spesies yang hidup sepenuhnya di dalam tanah (fossorial), di atas pepohonan (arboreal), dan semiakuatik, tetapi sebagian besar merupakan hewan terestrial (hidup di atas tanah).

Dilansir SerangNews.com dari SCI Tech Daily, Tikus menjadi salah satu hewan yang selamat dari ledakan asteroid di bumi pada 66 juta tahun lalu yang memusnahkan dinosaurus.

“Tikus selamat dari dampak asteroid. Ini adalah mamalia kecil yang hidup di dekat akhir zaman dinosaurus, yang akhirnya memunculkan semua jenis mamalia yang berbeda di sekitar saat ini,” tulisnya dikutip SerangNews.com pada Sabtu 12 Maret 2022.

Baca Juga: Ini Daftar Shio yang Akan Banjir Rezeki di Tahun 2022, Salah Satunya Shio Tikus

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Sci Tech Daily


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x