Fakta-fakta Menarik Tentang Jepang dan Alasan Mengapa Sering Dilanda Gempa Bumi

- 19 Februari 2022, 13:07 WIB
Ilustrasi rumah tradisional Jepang.
Ilustrasi rumah tradisional Jepang. /Pixabay/janeb13/

SERANG NEWS – Negara Jepang menyimpan fakta menarik. Disinyalir, posisi Jepang yang berada di Cincin Api menjadikannya kerap dilanda gempa bumi.

Konon, ada sekitar lima ribu gempa bumi kecil yang terjadi setiap tahun melanda Jepang. Lebih dari separuhnya berkuatan antara 3,0 sampai 3,9 magnitudo.

Gempa terbesar tercatat di Honsu pada Maret 2011. Konon gempa ini memindahkan wilayah kepulauan utama di Jepang dengan panjang 810 mil (1.300 km) ini berpindah 7,9 kaki atau 2,4 meter.

Dilansir dari World Atlas, Jepang berisi lebih dari 4.000 pulau yang membentang di sepanjang pantai Pasifik Asia Timur.

Baca Juga: 10 Kota Terpadat di Dunia Berdasarkan Jumlah Populasi, Tokyo Paling Padat

Empat pulau besar yang utama atau yang lebih dikenal Pulau Asal, yakni, Hokkaido, Honshu, Kyushu, dan Shikoku.

Honsu menjadi yang terbesar. Disusul Hokkaido di utara. Kemudian Kyushu di barat daya dan Shikoku sebagai pulau terkecil dan terpadat dari empat pulau utama tersebut.

Punggungan panjang pegunungan terjal melintasi jantung Jepang. Diselingi lereng berjajar pohon yang curam dan lembah yang dalam di sisi Samudra Pasifik, serta perbukitan dan pegunungan yang lebih rendah di sepanjang sisi Laut Jepang.

Interior utamanya menjulang gunung tinggi seperti Akaishi, Hido dan Kiso dengan ketinggian melebihi 9.800 kaki (3.000 m).

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: World Atlas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x