Legenda Kisah Inspeksi Dewa Dapur saat Imlek 2021, Ini Alasan Mengapa Ada Kue Kerancang sebagai Sajian Khas

- 1 Februari 2021, 14:46 WIB
Suasana klenteng saat hari raya Imlek.
Suasana klenteng saat hari raya Imlek. /Pixabay/shintaries/

SERANG NEWS - Perayaan hari raya Imlek bukan sekadar ritual. Tahun baru China ini syarat dengan makna dalam setiap ritualnya dan simbol seperti kue keranjang yang khas sebagi sajian setiap hari Imlek. 

Banyak orang China atau komunitas Tionghoa peranakan di Indonesia yang melakukan persiapan sebelum hari ‘Sintjia’. Salah satunya membersihkan rumah hingga tempat-tempat ibadah.

Mereka percaya, Dewa Kekayaan hanya mau mendatangi rumah yang bersih saat hari raya Imlek. Dengan rumah keadaan bersih, orang Tionghoa percaya rezeki lancar mengalir.

Selama tiga hari, terhitung dari tahun baru dan dua hari sesudahnya, ada larangan memegang sapu, alias menyapu. Dipercaya, Dewa Kekayaan bersembunyi di balik debu. Jadi, kalau menyapu, dikhawatirkan sang dewa akan ikut terbuang.

Baca Juga: Jadi Simbol Kekayaan dan Keberuntungan, Ini Enam Jenis Jeruk yang Populer saat Perayaan Imlek

Selain membersihkan rumah, menyiapkan berbagai hidangan bercita rasa manis menjadi sebuah ritual yang tak bisa diabaikan. Dapur menjadi salah satu tempat untuk mengolah berbagai macam makanan yang disajikan untuk para tamu dan kerabat yang datang ke rumah.

Nah, kepercayaan masyarakat Tionghoa, dapur menjadi tempat Dewa Dapur Cao Kung Kong atau Zhao Shen untuk menyelidiki perilaku manusia di Bumi sebelum dilaporkan pada Kaisar Langit (dewa agung) tentang semua kebaikan dan keburukan yang diperbuat oleh manusia sepanjang tahun.

Tepatnya satu pekan sebelum perayaan tahun baru Imlek, Dewa Dapur sudah melakukan inspeksi. Konon, dewa dapur ini akan memberikan penilaian dan melaporkannya pada Dewa Agung di surga.

Baca Juga: Imlek 2021, Ini Makna Jeruk Kim Kit, si Mungil Kecil Pembawa Rezeki Bagi Orang Tionghoa

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x